Coba Ikuti 8 Cara Ini untuk Atasi Anyang-anyangan Pada Masa Kehamilan

Coba Ikuti 8 Cara Ini untuk Atasi Anyang-anyangan Pada Masa Kehamilan

Cara mengatasi anyang-anyangan pada masa kehamilan -freepik.com -

BACA JUGA:Ingin Lolos Tes CPNS 2024? Simak 10 Tips yang Bisa Anda Terapkan

3. Menjaga Kebersihan Area Genital

Kebersihan area genital sangat penting untuk mencegah masuknya bakteri ke saluran kemih yang bisa memperparah anyang-anyangan atau menyebabkan ISK. Cuci area genital dari depan ke belakang setelah buang air kecil untuk mencegah bakteri dari anus masuk ke saluran kemih.

Hindari menggunakan sabun beraroma, pembersih kewanitaan berparfum, atau produk lain yang dapat menyebabkan iritasi. Kenakan pakaian dalam berbahan katun yang memungkinkan area genital bernapas, dan hindari pakaian yang terlalu ketat.

4. Hindari Makanan dan Minuman yang Mengiritasi Kandung Kemih

Beberapa makanan dan minuman dapat memicu atau memperburuk gejala anyang-anyangan. Selama kehamilan, lebih baik hindari makanan pedas, minuman seperti kopi dan alkohol serta minuman bersoda. 

Sebagai gantinya, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau, buah-buahan segar, dan makanan tinggi serat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dan kemih.

BACA JUGA:Amalan Sholawat Pelancar Rezeki, Amalkan Agar Kaya Raya Jalur Langit

BACA JUGA:Minuman Agar Terbebas dari Penyakit Paru-paru, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

5. Posisi Tidur yang Tepat

Selama kehamilan, tekanan pada kandung kemih meningkat, terutama saat berbaring. Untuk mengurangi tekanan ini cobalah tidur miring ke sisi kiri, karena posisi ini mengurangi tekanan pada kandung kemih dan membantu meningkatkan aliran darah ke janin.

Letakkan bantal di antara lutut untuk mendapatkan posisi tidur yang lebih nyaman.

6. Konsumsi Suplemen Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu menjaga keseimbangan flora di saluran kemih dan pencernaan. Suplemen probiotik dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih yang sering menjadi penyebab anyang-anyangan selama kehamilan.

Makanan yang kaya probiotik seperti yogurt, kefir, atau kimchi juga bisa menjadi pilihan yang sehat. Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi suplemen probiotik selama kehamilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: