Jambore Literasi 2024, Ada Lomba Bercerita, Debat Hingga Penyerahan Bantuan Komputer oleh Gubernur

Jambore Literasi 2024, Ada Lomba Bercerita, Debat Hingga Penyerahan Bantuan Komputer oleh Gubernur

Jambore Literasi tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2024-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jambore Literasi 2024 resmi dibuka di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu pada Senin (9/9/2024). 

Acara ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat budaya literasi di tengah masyarakat, khususnya di Provinsi Bengkulu.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah memberikan apresiasi terhadap kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Bengkulu yang dinilainya telah mengalami kemajuan yang sangat positif.

Gubernur menyebutkan bahwa jejaring perpustakaan kini sudah terhubung dengan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah provinsi, serta perpustakaan desa, masjid, pesantren, hingga perguruan tinggi.

"Saya kira ini semua instrumen yang sangat positif. Perpustakaan tidak hanya mengoleksi buku dalam bentuk hard copy, tetapi juga ada aspek pemberdayaan yang eksklusif, seperti pelatihan dan peningkatan kapasitas, berbagi informasi, bahkan menghasilkan produk-produk bernilai ekonomi," ujar Gubernur Rohidin.

BACA JUGA:Anggota DPRD Kota Bengkulu yang Baru Dorong Pelaksanaan Reses Sebelum Pengesahan APBD 2025

Jambore Literasi 2024 ini akan berlangsung selama empat hari hingga 12 September mendatang. Rohidin berharap, acara ini dapat menumbuhkan mental generasi yang lebih cinta literasi, kreatif, dan inovatif, sejalan dengan perkembangan zaman.

"Kegiatan ini diisi dengan berbagai perlombaan. Mulai dari lomba bercerita tingkat SMP/MTS, pemilihan duta baca daerah, lomba debat, bahasa Indonesia tingkat SMA/SMK/MA dan lomba pameran berbasis iklusi sosial," sambungnya

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Rohidin juga menyerahkan bantuan berupa komputer kepada kelurahan dan desa di seluruh Provinsi Bengkulu.

Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan akses teknologi dan informasi di tingkat lokal, mendukung literasi digital, serta mempercepat transformasi digital di masyarakat.

BACA JUGA:TPS Liar Semakin Marak, Pemkot Bengkulu Kembali Galakkan Program OTT Sampah

Setelah menyerahkan bantuan, Gubernur Bengkulu meninjau berbagai stand pameran yang menampilkan produk-produk dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), mulai dari makanan dan minuman hingga kerajinan daur ulang. 

"Pameran ini tidak hanya menjadi ajang promosi produk lokal, tetapi juga menjadi sarana edukasi bagi pengunjung terkait pentingnya literasi dan ekonomi kreatif," pungkas Rohidin Mersyah

Terakhir, Rohidin turut meresmikan Cafe Literasi dan Studio Podcast di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: