Begini Cara Atasi Ruam Popok pada Bayi secara Alami

Begini Cara Atasi Ruam Popok pada Bayi secara Alami

Cara mengatasi ruam popok pada bayi-Pinterest: idntimes-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ruam popok adalah masalah kulit umum yang sering dialami oleh bayi dan anak kecil yang menggunakan popok

Ruam ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan iritasi pada kulit bayi, yang dapat mempengaruhi kesejahteraan mereka secara keseluruhan. 

Memahami penyebab dan cara mengatasi ruam popok sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit bayi dan memastikan mereka merasa nyaman.

Ruam popok biasanya terjadi akibat kulit yang lembab dan terpapar bahan kimia dari popok yang menyebabkan iritasi. Faktor lain, seperti infeksi jamur atau bakteri, juga dapat berkontribusi pada masalah ini. 

Ada beberapa cara mengatasi ruam popok agar tidak terjadi infeksi dan menganggu bayi. Berikut diantaranya: 

BACA JUGA:Lakukan Periksa Payudara Sendiri (SADARI) Sebelum Terlambat!

BACA JUGA:Ingin Derajat Ditinggikan, Pintu Rezeki Terbuka dari Segala Arah, Amalkan Amalan dari Ustaz Adi Hidayat Beriku

1. Mengeringkan area kulit yang terkena popok

Cara mengatasi ruam popok pada bayi adalah dengan selalu menjaga kelembapan kulit bayi. Setelah popok dan kulit bayi dibersihkan dengan air bersih, keringkan area kulit popok dengan handuk lembut.

Jangan gunakan handuk atau kain kasar karena dapat memperparah iritasi ruam popok. Keringkan kulit bayi secara menyeluruh agar tidak basah saat memakai popok.

2. Pastikan tangan bersih saat mengganti popok

Sebelum mulai mengganti popok, sebaiknya ibu mencuci tangan terlebih dahulu hingga bersih. Hal ini dilakukan untuk menghindari bakteri atau kuman di tangan yang dapat memperparah ruam popok.

3. Segera ganti popok bayi Anda

Apabila popok sudah penuh atau terkena air kencing atau feses segera ganti. Jika dibiarkan terlalu lama, popok akan menjadi basah dan menumpuk bakteri serta kuman berbahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: