Gampang! Begini Cara Efektif Mengurangi Kadar Gula pada Nasi Putih

Gampang! Begini Cara Efektif Mengurangi Kadar Gula pada Nasi Putih

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat harian yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Nasi putih merupakan sumber karbohidrat harian yang memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Sehingga bisa menimbulkan banyak gangguan bagi tubuh jika dikonsumsi berlebihan, salah satunya adalah diabetes dan kegemukan.

Sudah banyak para pelaku diet yang menghindari makan nasi putih dan menggantinya dengan nasi merah yang lebih rendah kadar gula

Untuk kamu yang sedang menghindari konsumsi gula berlebih,  ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi kadar gula dalam nasi putih agar tetap bisa memakannya tanpa takut kadar gula meninggkat. 

Berikut cara yang bisa dicoba untuk mengurangi kadar gula pada nasi. 

BACA JUGA:Kekuatan Khodam Naga Gunung Anak Krakatau

1. Campur dengan minyak kelapa agar 

Ada dua jenis pati di dalam nasi putih, yakni yang mudah dan yang sulit dicerna serta diubah menjadi gula. Nah, dari sini didapatlah cara agar nasi yang dimasak lebih banyak mengandung pati resisten yang sulit dicerna biar nggak banyak diubah jadi gula.

Caranya, tambahkan 1 sendok teh minyak kelapa murni pada air mendidih yang akan digunakan untuk memasak nasi. Setelah 40 menit proses penanakan dan matang, dinginkan nasi dan simpan dalam lemari es selama 12 jam terlebih dulu sebelum dikonsumsi.

Proses pendinginan inilah yang akan membentuk pati resisten yang nantinya akan menurunkan kalori yang diserap oleh tubuh sampai 60%. Nasi yang sudah dingin ini bisa dihangatkan lagi kok, tanpa memengaruhi kadar pati resisten yang sudah terbentuk di dalamnya.

BACA JUGA:Bicaranya Sedikit Tapi Nyelekit, Ini Dia Ciri Orang yang Didampingi Khodam Pendamping Ular

2. Tambahkan tepung kelapa 

Tambahkan tepung kelapa dengan takaran 6-7 sendok makan pada 1 cup beras saat dimasak. Kandungan tepung kelapa memiliki serat yang cukup untuk menghambat penyerapan glukosa pada tubuh.

Cara ini akan menurunkan indeks glikemik nasi dari 89% menjadi menjadi 49%. Karena penyerapan glukosa pada nasi campuran tepung kelapa cenderung lambat, kadar gula darah pun bisa terjaga.

3. Tambahkan daun jeruk nipis dan pandan 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: