Simak 7 Cara Memotong Kuku yang Benar agar Terhindar dari Risiko Gangguan Kesehatan

Simak 7 Cara Memotong Kuku yang Benar agar Terhindar dari Risiko Gangguan Kesehatan

Memotong kuku adalah kebiasaan yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga tubuh agar terhindar dari risiko gangguan kesehatan akibat kuku yang panjang-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memotong kuku adalah kebiasaan yang harus dilakukan oleh setiap orang untuk menjaga tubuh agar terhindar dari risiko gangguan kesehatan akibat kuku yang panjang. Memotong kuku memang terlihat sepele. 

Saking sepelenya, banyak yang tidak sadar bahwa cara yang dilakukan selama ini ternyata salah. Alhasil, kuku menjadi cantengan atau terinfeksi jamur. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara gunting kuku yang benar dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

Kuku yang panjang lebih mudah rapuh dan patah. Jika patah, pertumbuhan kuku akan terhambat dan berisiko tumbuh ke dalam jaringan kulit, atau biasa disebut sebagai cantengan. 

Selain itu, kuku yang terlalu panjang juga menyebabkan Anda kesulitan saat beraktivitas normal, misalnya saat mengetik atau mencengkram sesuatu. Hal ini bisa menyebabkan otot-otot jari menegang. 

BACA JUGA:Ingin Mengatasi Haid yang Berlebihan, dr Zaidul Akabr Sarankan Minum Ini Sebelum Makan

Itu sebabnya, rutin memotong kuku agar tetap pendek membantu mencegah masalah kuku tersebut. Rutin memotong kuku memang baik, tetapi terlalu sering dilakukan dapat menyebabkan kuku cepat rusak.

Sebagai salah satu cara merawat kuku, memotong kuku tidak boleh dilakukan asal-asalan. Ada beberapa langkah yang bisa diikuti untuk potong kuku dengan benar.

1. Pilih gunting kuku sesuai kebutuhan

Pilih gunting kuku yang sesuai adalah langkah pertama yang perlu kamu lakukan. Sejumlah ahli sebenarnya menganjurkan untuk memiliki dua gunting kuku yang berbeda, satu untuk jari tangan dan lainnya untuk jari kaki. 

Kenapa harus berbeda? uku kaki umumnya lebih lebar dan tebal, sehingga dibutuhkan alat potong kuku yang lebih besar. Selain itu, hal ini juga mengurangi kemungkinan perpindahan bakteri atau jamur dari kuku tangan ke kaki atau sebaliknya. 

BACA JUGA:Produk Eksfoliasi Wajah Ini Efektif Angkat Sel Kulit Mati

Cara ini juga membuat Anda tidak perlu bersusah payah memotong kuku kaki yang tebal dengan alat yang kecil. Dengan begitu, kuku kaki dan tangan pun tidak mudah patah saat dipotong. 

2. Lakukan sebelum mandi

Kondisi kuku yang basah memang lebih mudah dipotong karena permukaannya lebih lunak. Namun, hal ini justru berisiko menyebabkan kuku bengkok, rentan sobek, dan tidak halus setelah dipotong. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: