Alami Kram Perut Saat Menstruasi, Ini 6 Cara Sederhana Mengatasinya

Alami Kram Perut Saat Menstruasi, Ini 6 Cara Sederhana Mengatasinya

Kram saat menstruasi menjadi salah satu hal yang umum terjadi. Bahkan, hampir setiap wanita pasti pernah mengalaminya. -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kram saat menstruasi menjadi salah satu hal yang umum terjadi. Bahkan, hampir setiap wanita pasti pernah mengalaminya. 

Meski tergolong tidak berbahaya, nyeri saat datang bulan bisa mengganggu produktivitas. Itulah kenapa wanita harus tahu berbagai cara untuk mengatasi kram saat haid.

Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara mengatasi kram saat menstruasi agar tidak menggangu aktivitas sehari-hari. 

Sakit atau kram pada perut bisa disebut dengan dismenorea. Biasanya, dismenorea dapat timbul pada hari pertama haid hingga hari ketiga. 

BACA JUGA:Pilihan Blouse Wanita Monokrom untuk Tampilan Formal dan Kasual

Intensitas nyeri yang dirasakan dapat berbeda-beda pada tiap wanita. Ada nyeri yang bisa dengan mudah diabaikan, tapi ada juga yang mengakibatkan nyeri yang teramat sangat hingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebenarnya penyembuhan terhadap nyeri menstruasi sendiri tidak memerlukan bantuan medis. Ada cara-cara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk mengatasinya. Berikut diantaranya: 

1. Kompres hangat

Cara sederhana pertama yang bisa kamu kamu lakukan adalah dengan mengompres perut dengan aire hangat. Ini karena mengompres perut dengan air hangat akan membantu melancarkan peredaran darah dan mengurangi rasa nyeri menstruasi. 

Anda bisa memasukkan air hangat ke dalam botol, lalu gulung botol dengan menggunakan handuk tipis, kemudian letakkan di bagian perut yang terasa nyeri. Lakukan metode ini setiap kali Anda merasakan nyeri agar rasa sakit bisa perlahan hilang.

BACA JUGA:Begini Cara Membersihkan Darah Haid di Sprei yang Efektif dan Efisien

2. Konsumsi minuman hangat

Selain dengan mengompres dengan air hangat, Anda juga bisa mengonsumsi minuman hangat untuk meredakan nyeri saat menstruasi. Salah satu yang disarankan adalah teh chamomile.

Mengapa teh chamomile? Menurut sebuah studi dalam “Journal of Agriculture and Chemistry” tahun 2005, teh kamomil mengandung hippurate, yaitu senyawa yang punya sifat antiinflamasi alami. Agen antiinflamasi ini dapat membantu mengurangi nyeri haid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: