Inilah Bahaya Narkoba yang Merusak Kesehatan

Inilah Bahaya Narkoba yang Merusak Kesehatan

Bahaya narkoba tidak hanya berdampak buruk pada kualitas hidup, tetapi juga kesehatan fisik dan mental penggunanya.--

Cara paling tepat agar terhindar dari bahaya narkoba adalah dengan tidak mengonsumsinya sama sekali. Namun, jika sudah terlanjur mengonsumsi narkoba, terlebih jika sudah menjadi pecandu, penanganan dalam bentuk rehabilitasi sangatlah diperlukan. Pemerintah Indonesia melalui Badan Narkotika Nasional sudah menyediakan layanan rehabilitasi bagi para pecandu narkoba. Berikut ini adalah tahap rehabilitasi narkoba yang biasanya diberikan kepada pencandu narkoba:

1. Pemeriksaan
Sebelum memberikan pengobatan, dokter akan memeriksa kondisi pecandu narkoba dengan melakukan beberapa tes, seperti tes darah, urine, atau laboratorium lainnya. Tes ini dilakukan untuk melihat sejauh mana pecandu mengalami kecanduan dan efek samping dari bahaya narkoba yang sudah dialami.

Jika bahaya narkoba menyebabkan pemakai narkoba mengalami depresi atau gangguan perilaku, dokter akan memberikan obat-obatan terlebih dahulu untuk menyembuhkan efek tersebut. Setelah itu, dokter akan melakukan rehabilitasi.

BACA JUGA:Saat Tengah Emosi, Amalkan Doa Berikut ini, Agar Emosi Mereda

2. Detoksifikasi
Selama menjalani tahap detoksifikasi, pecandu narkoba akan diminta untuk berhenti mengonsumsi narkoba. Saat menjalani tahap ini, kemungkinan besar pencandu akan merasa mual dan tubuhnya terasa sakit karena kehilangan zat yang biasa dikonsumsi.

Pecandu juga akan merasa gelisah dan tertekan akibat tidak ada asupan obat yang biasanya menenangkan. Untuk mengatasi kondisi tersebut, dokter biasanya akan memberi penanganan dalam bentuk obat-obatan. Selain mengonsumsi obat, pecandu juga harus memenuhi kebutuhan tubuh akan cairan agar terhindar dari dehidrasi, serta mengonsumsi makanan bergizi untuk mempercepat proses pemulihan selama detoksifikasi.

3. Stabilisasi
Setelah kedua tahap tersebut berhasil dilalui, pencandu akan menjalani berbagai terapi dalam tahap stabilisasi. Pada tahap ini, pecandu narkoba juga akan diberikan resep obat untuk membantu pemulihan dari bahaya narkoba dalam jangka panjang. Selain itu, pecandu juga akan dibantu untuk memikirkan mengenai rencana kehidupan dalam jangka panjang dan kestabilan mentalnya.

Dukungan dari orang sekitar, baik keluarga maupun teman dekat, sangat penting untuk mempercepat proses pemulihan pecandu narkoba. Tak hanya memberi semangat, mereka juga dapat mendampingi pecandu dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:Bisa Dipraktekan! Ini Dia 7 Obat Stres yang Bisa Dicoba

Bahaya narkoba tidak hanya berdampak buruk pada kualitas hidup, tetapi juga kesehatan fisik dan mental penggunanya. Oleh karena itu, jangan sesekali mencobanya dengan alasan apa pun. Narkoba bukanlah jawaban atas masalah, melainkan justru dapat menimbulkan masalah baru yang lebih besar.

Jika Anda atau orang terdekat sudah terlanjur mengalami kecanduan narkoba, berkonsultasilah dengan psikiater untuk menjalani pemeriksaan, termasuk pemeriksaan kondisi fisik untuk mengantisipasi bahaya narkoba terhadap kesehatan tubuh. Selain memberikan penanganan untuk mengatasi ketergantungan narkoba, psikiater juga akan memberikan rujukan kepada dokter spesialis lain jika narkoba sudah menimbulkan gangguan pada kesehatan dan fungsi organ tubuh.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: