Sering Makan Sushi dan Shasimi, Ini Dia Risiko Kesehatan Akibat Makan Makanan Mentah yang Perlu Diketahui

Sering Makan Sushi dan Shasimi, Ini Dia Risiko Kesehatan Akibat Makan Makanan Mentah yang Perlu Diketahui

Salah satu hidangan yang tidak luput dari kata mentah adalah sushi, sashimi dan olahan sayur mentah lainnya.-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat ini ada banyak restaurant yang  menyajikan makanan mentah sebagai hidangan utama. Tak khayal karena rasanya yang khas dan lezat banyak orang yang tertarik untuk mengonsumsi makanan mentah meski di rumah. 

Salah satu hidangan yang tidak luput dari kata mentah adalah sushi, sashimi dan olahan sayur mentah lainnya. Tapi apa aman makan daging atau sayuran mentah begitu saja? Adakah efek makan makanan mentah yang berisiko pada kesehatan?

Tahukah kamu, mengonsumsi makanan mentah memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Meski memiliki beragam manfaat, makanan mentah harus di konsumsi dengan pengolahan yang tepat dan tidak setiap hari dikonsumsi. 

Ini karena tubuh membutuhkan nutrisi yang tidak ditemukan pada makanan mentah. Makanan mentah yang dikonsumsi setiap hari tentu akan menimbulkan berbagai risiko kesehatan. Apa saja efek makan makanan mentah yang mesti diketahui? Yuk, cari tahu jawabannya dengan menyimak ulasan di bawah ini. 

BACA JUGA:Agar Manfaat Alpukat Didapat dengan Maksimal, dr Zaidul Akbar Bagikan Cara yang Benar Makan Alpukat

Beberapa efek makan makanan mentah yang mungkin terjadi

1.  Banyak bakteri dan parasit

Salah satu efek makan makanan mentah seperti sushi dan sashimi yaitu bisa mengundang bakteri dan parasit masuk ke dalam tubuh. Bakteri dan parasit dapat berkembang pada daging ikan mentah yang tidak segar dapat menyebabkan keracunan.

Selain itu, jika ikan yang digunakan adalah ikan air tawar, mungkin akan mengandung toksin alami yang disebut ciguatera. Ciguatera bisa menyebabkan seseorang menderita masalah pencernaan dan saraf.

2. Akan timbul masalah pencernaan

Daging dan sayuran mentah ketika dikonsumsi akan cenderung sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini disebabkan oleh daging dan sayuran memiliki selulosa dan struktur berserat lainnya, sehingga perut akan sulit mencerna.

Masalahnya, pencernaan manusia tidak sama dengan pencernaan hewan yang bisa langsung mencerna segala makanan yang masuk. Terutama serat nabati dari sayuran, bisa melemahkan sistem pecernaan. Gejalanya antara lain adalah kembung, sembelit, atau bahkan berat badan jadi bertambah.

BACA JUGA:Digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok, Intip Manfaat Jamur Enoki Berikut

3. Kehilangan nutrisi penting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: