Simak 9 Ciri Lidah yang Tak Sehat yang Perlu Diwaspadai

Simak 9 Ciri Lidah yang Tak Sehat yang Perlu Diwaspadai

Lidah yang tidak sehat dapat menunjukkan beberapa tanda dan gejala yang perlu diperhatikan-Pinterest -

Pertumbuhan berlebih dari jamur Candida albicans bisa menyebabkan sariawan. Infeksi jamur ini akan tampak seperti lapisan atau bercak putih tebal pada lidah.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh diabetes, HIV, dan sindrom Sjogren.

4. Kuning

Ada pula lidah berwana kuning yang menjadi ciri lidah yang tidak sehat. Warna lidah yang kuning umumnya disebabkan oleh hasil dari pertumbuhan bakteri. 

BACA JUGA:Tips Merawat Rambut! Kenali Jenis Ketombe yang Harus Kamu Tahu

Kebersihan mulut yang buruk dan mulut kering dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang berlebihan di lidah. Warna ini juga menandakan panas tubuh berlebih yang bisa disebabkan oleh konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol, atau stres.

Dalam kasus yang jarang terjadi, lidah kuning dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan yang serius. Sebuah studi tahun 2019 menunjukkan bahwa lidah kuning bisa menjadi tanda diabetes. Penyebab lain lidah berwarna kuning adalah penyakit kuning.

5. Cokelat

Warna lidah berwarna cokelat atau cokelat gelap disebabkan oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi. Selain itu, perubahan warna lidah ini bisa menunjukkan kemungkinan orang tersebut mengidap penyakit kanker.

Seseorang yang memiliki lidah berwarna ini akan mengalami rasa sakit setiap saat. Misalnya rasa seperti terbakar, bengkak, ketidakmampuan dalam mencicipi sesuatu, gerakan abnormal, bahkan kesulitan menggerakkan lidah.

BACA JUGA:Inilah Kegunaan Rambut Palsu dan Tips Cara Merawatnya

6. Ada benjolan

Papila dapat meradang atau membengkak hingga ukurannya menjadi lebih besar dari biasanya. Beberapa penyebab yang tak perlu dikhawatirkan di antaranya seperti kurang tidur, terlalu banyak merokok, dan stres.

Tapi, beberapa bentuk benjolan lain bisa menandakan kondisi medis tertentu. Misalnya saja sariawan yang ditandai dengan benjolan berbarengan luka yang berkembang di bagian belakang tenggorokan.

Ada juga kondisi kista limfoepitelial yang ditandai dengan benjolan di bawah lidah. Benjolan biasanya tak menimbulkan rasa sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: