Bikin Jenius! Begini Cara Meningkatkan IQ Yang Wajib Coba

Bikin Jenius! Begini Cara Meningkatkan IQ Yang Wajib Coba

Ada dua jenis kecerdasan yang berbeda yakni kecerdasan biologi atau efisiensi saraf dan kecerdasan psikometri. --

Faktor pendukung untuk meningkatkan IQ
Ada beberapa faktor pendukung yang berperan dalam meningkatkan IQ, yakni:

1. Faktor internal
Faktor internal yang berpengaruh pada kecerdasan anak adalah faktor genetik dan keturunan. Menurut penelitian, faktor genetik hanya berperan sekitar 30-75 persen untuk menentukan kecerdasan anak.

2. Faktor eksternal
Selain gen, faktor eksternal seperti lingkungan, stimulasi dan gaya belajar serta nutrisi juga turut menjadi faktor penentu kecerdasan anak. Berikut penjelasannya:

BACA JUGA:Kapan Waktu Terbaik untuk Makan, Apakah Harus 3 Kali Sehari, Berikut Penjelasan dr Zaidul Akbar

- Lingkungan. Penelitian menunjukan anak yang tinggal di lingkungan dengan fasilitas baik, memiliki orang tua berpendidikan tinggi dan melakukan aktivitas fisik lebih dari 5 jam per minggu cenderung memiliki IQ yang tinggi.
- Stimulasi. Interaksi ibu dan anak di tahun pertama kehidupan si kecil sangat menentukan perkembangan kognitif anak. Orang tua disarankan untuk sering mengontrol, bermain, dan membaca buku untuk si kecil.
- Gaya belajar. Setiap anak mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda. Gaya belajar yang sesuai akan membantu anak lebih mudah menyerap informasi dibandingkan dengan metode lain yang tidak sesuai dengan gaya belajar anak.
- Nutrisi. Makanan dan minuman bernutrisi sangat penting untuk perkembangan otak anak. Anak-anak membutuhkan zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, lemak serta zat gizi mikro termasuk vitamin dan mineral.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: