Festival Tabut 2024: Kharisma Event Nasional dari Provinsi Bengkulu

Festival Tabut 2024: Kharisma Event Nasional dari Provinsi Bengkulu

Festival Tabut 2024: Kharisma Event Nasional dari Provinsi Bengkulu-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Festival Tabut 2024 resmi dibuka pada Sabtu malam (6/7/2024) atau bertepatan dengan malam 1 Muharram 1446 Hijriah. 

Pergelaran event nasional ini dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Lapangan Merdeka, Kota Bengkulu dengan dipadati oleh ribuan masyarakat Bengkulu yang hadir.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan, kemeriahan yang ada pada festival tabut 2024 betul-betul terasa. Terlebih, saat ini festival tabut telah masuk dalam event nasional alias Kharisma Event Nasional dari Provinsi Bengkulu.

Perayaannya sendiri sambungnya Rohidin, dilakukan dibukan Muharram. Terhitung dari 1 Muharram sampai dengan 10 Muharam yang diisi dengan berbagai kegiatan yang dipusatkan Lapangan Merdeka Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Pengurus Perbakin Kabupaten dan Kota Bengkulu Dilantik, Berikut Nama-nama Pengurusnya

"Festival tabut adalah event yang setiap tahun kita rayakan setiap 1 Muharram, dalam rangka tahun baru Islam. Kemeriahannya betul-betul terasa dengan ramainya kehadiran masyarakat Bengkulu," ujar Rohidin usai membuka festival tabut 2024.

Dari ratusan event yang masuk dalam Kalender of Event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, festival tabut menjadi salah satu event yang mewakili Provinsi Bengkulu.

Oleh karena itu, di tahun selanjutnya, Rohidin berharap melalui Pemerintah Provinsi Bengkulu, pihaknya akan mendorong semua event yang ada di Kabupaten/Kota agar bisa naik kelas.

"Ini memang satu-satunya event yang digelar bertaraf nasional. Oleh sebab itu kita berharap, festival yang ada di kabupaten/kota itu bisa naik kelas," pungkas Rohidin. 

BACA JUGA:Waktu Mepet, Dewan Dorong OPD Pemkot Bengkulu Segera Lelang Proyek Pembangunan

Di sisi lain, masyarakat Bengkulu yang hadir dalam festival tabut 2024 menyabut baik dan memberikan apresiasi pada pemerintah provinsi Bengkulu dan juga pihak penyelenggara.

Pasalnya, sebagai warga Bengkulu festival tabut menjadi salah satu acara yang paling ditunggu -tunggu setiap tahunnya.

"Setiap tahun penyelenggaraan festival tabut semakin bagus. Sebagai warga Bengkulu acara seperti ini tentu harus kita dukung dengan cara turut memeriahkan dan hadir dalam festival tabut ini," tutup Emyllia.(Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: