Kesal dengan Kulit Wajah yang Berminyak? Cari Tahu 8 Penyebab Umumnya di Sini!

Kesal dengan Kulit Wajah yang Berminyak? Cari Tahu 8 Penyebab Umumnya di Sini!

Penyebab kulit wajah berminyak -Pinterest -

Penyebab muka berminyak selanjutnya adalah pori-pori besar. Pori-pori bisa meregang karena berbagai faktor, seperti usia, kenaikan berat badan, atau pernah mengalami jerawat. 

Nah, pori-pori yang lebih besar cenderung menghasilkan lebih banyak minyak. Oleh karena itu, sebaiknya jika ingin pori-pori mengecil kamu bisa menggunakan serum secara rutin untuk menutup pori-pori yang besar sehingga dapat mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. 

3. Pubertas

Masa pubertas bisa menjadi penyebab muka berminyak. Pada masa ini, kadar hormon pertumbuhan meningkat dan mencapai puncaknya, sehingga mendorong produksi sebum yang berlebih. Inilah mengapa remaja yang memasuki masa pubertas biasanya memiliki kulit berminyak dan lebih rentan berjerawat.

BACA JUGA:Tips Memahami Fobia Sosial dan Cara Tepat Mengatasinya

4. Pola makan tinggi gula dan karbohidrat

Salah satu kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan minyak berlebih pada wajah daldah mengonsumsi makanan tinggi gula dan karbohidrat.

Sebagian orang mungkin belum banyak yang tahu bahwa penyebab muka berminyak bisa karena kebiasaan makan yang buruk. 

Menurut beberapa penelitian, sering mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula dan karbohidrat dapat meningkatkan produksi minyak di kulit.

5. Jarang menggunakan pelembap dan tabir surya

Jika Anda jarang menggunakan pelembab atau tabir surya maka kulit wajah  akan lebih mudah menghasilkan minyak. Oleh karena itu, memiliki muka berminyak bukan berarti tidak membutuhkan pelembap dan tabir surya (sunscreen).

BACA JUGA:Ini Dia Dampak Berbahaya Cyberbullying dan Cara Mengatasinya

Anggapan bahwa pelembap bisa menyebabkan muka berminyak tidaklah tepat. Tanpa pelembap dan sunscreen, tipe kulit apa pun akan menjadi kering dan justru menyebabkan lebih banyak produksi minyak.

Kuncinya, Anda perlu memilih jenis pelembap dan sunscreen yang sesuai dengan tipe kulit Anda. Pelembab dan sunscreen yang berbahan dasar air umumnya cocok untuk wajah yang berminyak.

6. Cuaca yang panas dan lembap

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: