Agar Terhindar dari Siksa Kubur, Amalkan Doa Berikut Setelah Sholat

Agar Terhindar dari Siksa Kubur, Amalkan Doa Berikut Setelah Sholat

Doa Agar Terhindar dari Siksa Kubur-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Siksa kubur menjadi salah satu ganjaran yang diyakini oleh umat Islam. Siksa kubur adalah balasan atas apa yang dilakukan manusia di dunia.

Allah memberikan kebebasan kepada manusia untuk berbuat apa saja dan memilih jalan hidupnya, namun di kemudian hari mereka harus mempertanggungjawabkan apa yang diperbuat.

Untuk dapat terhindar dari siksa kubur, umat Nabi Muhammad SAW diajarkan untuk melakukan lebih banyak kebaikan daripada keburukan.

BACA JUGA:Saat Sakit Mata, Amalkan Doa Berikut Ini, Agar Cepat Sembuh

BACA JUGA:Doa Pembuka Rezeki dari Ustaz Abdul Somad, Amalkan Setiap Hari

Selain itu, Rasulullah juga mengajarkan doa agar umatnya terhindar dari siksa kubur yang pedih.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

"Mengiringi mayat (ke kuburannya) diikuti oleh tiga perkara. Maka pulang kembali dua perkara dan tetap tinggal bersamanya satu perkara. Mayat diiringi oleh keluarganya, hartanya, dan amalnya. Maka pulang kembali keluarga dan hartanya dan tetap tinggal amal perbuatannya," (HR Bukhari dan Muslim). 

Sedangkan pendihnya siksa kubur dijelaskan dalam surah Al An'am ayat 93 yang artinya:

"Siapakah yang lebih zalim daripada orang-orang yang mengada-adakan dusta terhadap Allah atau yang berkata, "Telah diwahyukan kepadaku," padahal tidak diwahyukan sesuatu pun kepadanya dan orang yang berkata, "Aku akan mendatangkan seperti yang diturunkan Allah." Seandainya saja engkau melihat pada waktu orang-orang zalim itu (berada) dalam kesakitan sakratulmaut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya (sembari berkata), "Keluarkanlah nyawamu!" Pada hari ini kamu akan dibalas dengan azab yang sangat menghinakan karena kamu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya,".

BACA JUGA:Agar Menjadi Anak Shaleh, Cerdas dan Takwa, Bacakan Doa Ini Saat Anak Baru Lahir

BACA JUGA:Ingin Panjang Umur, Sehat Selalu Dan Ditetapkan Iman, Amalkan Doa Berikut Ini

Adapun doa yang bisa kita panjatkan agar terhindar dari siksa kubur, termasuk siksa neraka, bencana hingga fitnah dajjal adalah:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: