Saber Pungli Ingatkan Tidak Ada Tindakan Pungli Saat PPDB, Ketahuan Siap-siap Ditindak Tegas

Saber Pungli Ingatkan Tidak Ada Tindakan Pungli Saat PPDB, Ketahuan Siap-siap Ditindak Tegas

Sosialisasi cegah pungli saat PPDB di Kota Bengkulu-(foto: rio susanto)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Polresta Bengkulu melalui Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Kota Bengkulu melakukan sosialisasi pada pihak sekolah baik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Bengkulu terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), Kamis (20/6/2024).

Sosialisasi ini bertujuan agar menghindari hal-hal yang melawan perbuatan hukum, salah satunya dengan melakukan pungli saat PPDB dilakukan.

Ketua Saber Pungli Kota Bengkulu, AKBP Max Mariners mengatakan, pihaknya akan turun langsung kelapangan dalam hal ini sekolah-sekolah untuk mengawasi kegiatan PPDB yang akan dilakukan.

Pengawasan serta pemantauan ini sangat penting dilakukan karena rawannya tindakan pungli yang dilakukan oleh oknum-oknum untuk meraup suatu keuntungan pada PPDB.

BACA JUGA:Polresta Bengkulu Tunggu Hasil Otopsi Warga Kota Bengkulu yang Kuburannya Dibongkar

"Hari ini kita lakukan sosialisasi untuk mencegah tindakan pungli baik sebagai pemberi maupun penerima. Hal ini kita lakukan untuk meningkatkan integritas mereka, agar tahu mana batasan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan," kata AKBP Max Mariners.

Ketua Saber Pungli Kota Bengkulu yang juga Waka Polresta Bengkulu ini juga menyampaikan bahwa pihaknya akan bekerjasama dengan ombudsman dalam melakukan pemantauan dan pengawasan PPDB di Kota Bengkulu.

Lanjutnya, apabila ditemukan adanya tindakan pungli maka pihaknya akan menindak para pelaku dan akan diberikan hukuman  pidana. Terlebih jika statusnya adalah PNS, bisa diterapkan pasal 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncto pasal 12 E dan pasal 423 KUHP

"Tim akan terjun ke lapangan secara bertahap ke sekolah-sekolah, tapi akan kami pantau dulu seperti apa situasinya. Kita turunkan tim intelijen untuk memantau situasinya," sambungnya.

BACA JUGA:Diduga Lakukan Asusila, Oknum Guru di Kota Bengkulu Dilaporkan ke Polresta Bengkulu

Sementara itu, AKBP Max juga menegaskan tidak akan pandang bulu apabila ditemukan adanya pungli pada PPDB nantinya.

"Saya tidak akan pandang bulu, jika ada penyampaian dari masyarakat indikasi pungli kami akan turun. Jika terbukti akan kami tindak. Saya harap semua kepala sekolah bisa memilih mana yang tidak boleh dilanggar, integritas harus dijaga baik," tutup AKBP Max Mariners. (Tri)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: