Inilah 10 Kelainan Seksual Beserta Cara Mengatasinya

Inilah 10 Kelainan Seksual Beserta Cara Mengatasinya

Penderita kelainan seksual mungkin ada yang merasa tidak nyaman dengan gangguan yang dimilikinya, tapi ia sering kali tidak berdaya untuk melawan atau mengubah hasrat tersebut.--

Pada umumnya, orang yang memiliki parafilia perlu mendapat penanganan dari psikolog dan psikiater. Untuk menangani kelainan seksual, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yaitu:
- Konseling dan psikoterapi, untuk membantu pasien mengontrol dorongan atau impuls seksual
- Pemberian obat-obatan, misalnya obat antidepresan dan obat antiandrogen, untuk mengontrol hasrat seksual
- Terapi perilaku, untuk mengatasi perilaku seks yang menyimpang, atau untuk mengatasi masalah psikologis lain yang mungkin juga diderita oleh pasien, misalnya penyalahgunaan minuman beralkohol atau narkoba

Mengobati kelainan seksual sangat penting untuk dilakukan. Jika tidak terkontrol, hasrat seksual yang menyimpang bahkan bisa membuat pasien berisiko melakukan kekerasan atau pelecehan seksual terhadap orang lain di masyarakat.

BACA JUGA:Baca ini 3 kali Sehari, Gus Baha: Agar Rezeki Lancar dan Keinginan Terkabul

Beberapa kelainan seksual, seperti pedofilia, voyeurisme, sadisme, ekshibisionisme, dan froteurisme, bisa masuk ke dalam tindakan kriminal, sehingga penderita kondisi ini dapat dijatuhi hukuman pidana jika dilaporkan. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, Anda sebaiknya berkonsultasi ke psikolog atau psikiater jika merasa memiliki penyimpangan atau kelainan seksual.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: