Ini Manfaat Masker Green Tea dan Cara Pakainya

Ini Manfaat Masker Green Tea dan Cara Pakainya

Masker green tea mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin B2, vitamin C, vitamin E, kalsium, dan fosfor. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Masker green tea atau masker yang terbuat dari teh hijau terbukti ampuh meredakan berbagai masalah pada kulit. Cara membuat masker ini pun sangat mudah sehingga dapat dilakukan sendiri di rumah. teh hijau (green tea) biasanya dikonsumsi sebagai minuman. Mengonsumsi green tea mampu mengurangi berat badan, mencegah kanker, dan membuat tubuh menjadi rileks. Selain diminum, teh hijau juga bisa dijadikan sebagai masker. Menggunakan masker green tea memiliki berbagai manfaat untuk kulit, mulai dari mengurangi jerawat hingga mencegah kanker kulit.

BACA JUGA:Cuaca Ekstrem di Mukomuko: Nelayan Dilarang Melaut, Waspadai Kelangkaan Ikan

Manfaat Masker Green Tea
Masker green tea mengandung berbagai macam vitamin dan mineral, seperti vitamin B2, vitamin C, vitamin E, kalsium, dan fosfor. Selain itu, masker ini juga mengandung beberapa antioksidan, seperti katekin dan polifenol. Berbagai kandungan inilah yang membuat masker green tea bermanfaat untuk kesehatan tubuh, terutama bagi kulit.Berikut ini adalah beberapa manfaat masker green tea:

1. Mengurangi kulit berminyak
Masker green tea bisa digunakan untuk mengurangi minyak berlebih (sebum) pada kulit. Hal ini karena masker green tea mengandung beberapa jenis katekin, termasuk epigallocatechin gallate (EGCG). Berdasarkan penelitian, senyawa EGCG mampu mengurangi pembentukan sebum sehingga baik digunakan untuk kulit berminyak. Meski demikian, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh tentang efektivitas EGCG dalam mengurangi kulit berminyak.

BACA JUGA:Kesalahan Input Anggaran, Tunda Belanja Bidang Tangkap di Dinas Perikanan Mukomuko

2. Mengurangi jerawat
Masker green tea juga bisa mengurangi atau mengatasi jerawat. Hal ini karena masker teh hijau bisa mengurangi kelebihan minyak di kulit penyebab jerawat. Kemampuan ini tidak lepas dari kandungan senyawa EGCG di dalamnya. Selain itu, kandungan polifenol pada masker green tea mampu melawan dan mengendalikan infeksi bakteri penyebab jerawat.

3. Menunda proses penuaan kulit
Kandungan polifenol pada masker teh hijau juga mampu menjaga kelembapan kulit. Dengan begitu, tanda-tanda penuaan di area wajah, seperti kulit kering berkurang. Masker green tea juga memiliki kandungan vitamin B2 yang baik bagi kulit. Vitamin ini mampu menjaga kadar kolagen yang secara alami ada di dalam kulit, tulang, dan otot. Peningkatan produksi kolagen membuat kulit menjadi kencang dan wajah tampak lebih muda.

4. Mencegah kanker kulit
Menggunakan masker green tea secara rutin juga dapat mencegah kanker kulit. Hal ini karena kandungan polifenol dalam masker green tea yang mampu mencegah radikal bebas dari paparan sinar UVB yang bisa menyebabkan kanker kulit.

BACA JUGA:Sahkah Patungan Kurban Sapi Lebih dari 7 Orang? Ustaz Syafiq Riza Basalamah Jelaskan Hukumnya

5. Mengobati kulit kemerahan dan iritasi
Selain mencegah kanker kulit, masker green tea juga memiliki fungsi sebagai antiperadangan. Hal ini karena green tea mengandung polifenol yang tinggi yang bisa mengurangi iritasi, kulit kemerahan, dan pembengkakan. Namun, bila Anda memiliki alergi terhadap teh, sebaiknya tidak memakai masker ini untuk mengobati kulit kemerahan dan iritasi.

6. Melembapkan kulit
Manfaat masker green tea ini didapat dari kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin E mampu menutrisi dan menghidrasi kulit agar tidak menjadi kering. Vitamin E dalam masker green tea juga berfungsi sebagai antioksidan yang akan menjaga sel dari kerusakan dan menjaga kelembapan kulit.

Cara Membuat dan Memakai Masker Green Tea
Masker green tea bisa didapatkan dengan membeli produk masker yang mengandung teh hijau. Selain itu, masker green tea juga bisa dibuat sendiri di rumah. Berikut ini langkah-langkah pembuatan masker green tea:

BACA JUGA:Benarkah Kurban Akan Menjadi Kendaraan di Surga, Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

- Seduh 1 kantong teh hijau dalam 1 cangkir air panas selama 1 jam. Biarkan teh sampai dingin kemudian buka kantong dan pisahkan daunnya.
- Taruh daun teh hijau pada wadah kosong kemudian tambahkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok makan baking soda. Aduk hingga bentuknya menjadi seperti pasta. Jika adonan terlalu kental, Anda dapat menambahkan sedikit air.
- Bersihkan wajah Anda lalu oleskan masker green tea secara merata ke wajah.
- Pijat kulit wajah pelan-pelan agar sel kulit mati dan kotoran di kulit terangkat.
- Biarkan masker green tea di wajah Anda sekitar 10⎼15 menit. Setelah itu, bilas wajah Anda dengan air hangat.

BACA JUGA:50 Juta Kali Download, Ini Lho Aplikasi Game Penghasil Saldo DANA Gratis Paling Diminati Di Play Store

Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat menggunakan masker green tea setidaknya sebanyak 1⎼3 kali dalam seminggu. Meski umumnya aman digunakan pada semua jenis kulit, masker green tea juga dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Reaksi alergi yang muncul bisa berupa gatal, kemerahan, panas, dan bengkak di kulit. Oleh karena itu, bila Anda ingin memakai masker green tea, sebaiknya oleskan sedikit pada lengan bagian dalam Anda terlebih dahulu sebelum menggunakannya ke wajah. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: