Kenali 5 Manfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan, Obat Trasional untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kenali 5 Manfaat Akar Alang-Alang untuk Kesehatan, Obat Trasional untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat akar alang-alang -Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Meski namanya sudah sering terdengar, sayangnya sebagian orang masih meragukan manfaat alang-alang untuk kesehatan. 

Banyak orang mungkin mengenal alang-alang alias ilalang (Imperata cylindrica) sebagai tanaman liar biasa, tapi sebenarnya bagian akar dari tumbuhan ini punya banyak manfaat dan kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Akar alang-alang kerap digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ilalang memiliki bentuk ujung akar yang runcing dan teksturnya keras serta bersisik. Warnanya krem dan biasanya diolah menjadi jamu herbal.

Manfaat yang terdapat di dalam akar alang-alang umumnya berasal dari kandungan senyawa fitokimia yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, akar ilalang ternyata memiliki kandungan zat gizi, seperti serat, karbohidrat, asam lemak, magnesium, zat besi, dan kalsium yang memiliki khasiat.

Memiliki kandungan nutrisi yang beragam, lantas apa manfaat alang-alang untuk kesehatan? Berikut ini berbagai manfaat akar ilalang untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Stiff Person Syndrome, Penyakit Autoimun yang Langka

1. Menjaga daya tahan tubuh

Salah satu kegunaan akar alang-alang untuk kesehatan adalah sebagai obat herbal untuk menjaga daya tahan tubuh berkat sifat antioksidan yang dimilikinya. 

Paparan radikal bebas yang berasal dari polusi atau sinar UV dapat menyebabkan kinerja sistem imun tubuh menurun. 

Jika sistem kekebalan tubuh menurun, tubuh akan rentan terkena penyakit. Nah, antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas di tubuh, sehingga sistem imun tubuh terjaga.

2. Pereda Panas

Akar alang-alang dapat digunakan sebagai bahan obat alami untuk mengatasi panas dalam tubuh atau demam. Kandungan senyawa dalam akar alang-alang mengandung zat flavonoid dan polisakarida memiliki sifat anti-piretik atau penurun panas, sehingga dapat membantu mengurangi gejala demam.

Akar alang-alang juga memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu menghidrasi tubuh dan mengurangi rasa haus yang mungkin terjadi akibat panas dalam tubuh.

BACA JUGA:Tanpa Disadari 5 Hal Kebiasaan Buruk Ini Dapat Membuat Gigi Maju

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: