Pengawasan Zonasi PPBD Diperketat, Disdikbud Minimalisir Kericuhan Masa Pendaftaran

Pengawasan Zonasi PPBD Diperketat, Disdikbud Minimalisir Kericuhan Masa Pendaftaran

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Gunawan-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu siap menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 yang akan berlangsung dari tanggal 19 hingga 29 Juni mendatang. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, Gunawan, menyatakan bahwa persiapan tahun ini akan dilakukan dengan lebih ketat untuk mencegah kericuhan yang kerap terjadi, terutama terkait sistem penerimaan berbasis zonasi, Senin 3 Juni 2024.

Gunawan mengungkapkan bahwa salah satu langkah utama yang diambil adalah pengecekan jarak antara sekolah dan tempat tinggal calon siswa menggunakan teknologi satelit. 

BACA JUGA:Kelulusan SD dan SMP di Kota Bengkulu 10 Juni, Disdikbud Surati Kepsek Larang Pelajar Coret Baju

"Ini untuk memastikan keakuratan data dan menghindari masalah yang pernah terjadi di tahun-tahun sebelumnya," jelas Gunawan. 

Langkah ini diambil untuk mengantisipasi berbagai polemik yang sempat muncul dalam beberapa tahun terakhir, seperti ketidakakuratan data zonasi. 

Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu berkomitmen untuk terus mencari solusi inovatif guna meningkatkan kualitas pelaksanaan PPDB. 

"Kami memastikan bahwa PPDB tahun ini akan lebih baik dengan langkah-langkah persiapan yang lebih matang. Setiap tahun kami belajar dan melakukan perbaikan untuk memastikan tidak terjadi masalah serupa," tambah Gunawan. 

Sebagai informasi untuk tingkat SD, PPDB akan dilaksanakan melalui tiga jalur, yaitu jalur zonasi sebesar 70%, afirmasi 15%, dan perpindahan orang tua 15%. Sedangkan untuk tingkat SMP, terdapat empat jalur penerimaan, yakni jalur zonasi sebesar 50%, prestasi 30%, afirmasi 15%, dan perpindahan orang tua 5%. 

BACA JUGA:Simak Link, Jalur, Persyaratan, Cara Daftar dan Jadwal Serta Tahapan PPDB SMA/SMK dan SLB Jabar 2024 Tahap 1

Gunawan menegaskan bahwa dengan pengawasan ketat dan penggunaan teknologi canggih seperti satelit, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu optimis bahwa PPDB 2024 akan berjalan dengan lebih tertib dan sesuai harapan semua pihak. 

"Kami yakin langkah-langkah yang telah disiapkan akan membawa perubahan positif dan memastikan proses penerimaan peserta didik berjalan lancar," tutupnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: