Loyalitas Tinggi, Dukcapil Kota Bengkulu Rutin Jemput Bola Rekam KTP Dihari Libur

Loyalitas Tinggi, Dukcapil Kota Bengkulu Rutin Jemput Bola Rekam KTP Dihari Libur

Loyalitas Tinggi, Dukcapil Kota Bengkulu Rutin Jemput Bola Rekam KTP Dihari Libur-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu menjelaskan, masih ada pelajar (pemilih pemula) yang belum melakukan perekaman data e-KTP.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Didukcapil) Widodo mengatakan, pihaknya mengupayakan perekaman data KTP semaksimal mungkin untuk para pemilih pemula.

“Kita lakukan jemput bola ke sekolah-sekolah dengan program Dukling dan Dukcapil Bergerak. Alhamdulillah antusiasias berbagai sekolah sangat baik. Terkait ini kita juga terus berkoordinasi dengan pihak Pemprov. Karena secara kewilayahan, SMA ini menjadi kewenangan mereka,” ujar Widodo, Jumat 31 Mei 2024.

Widodo juga menjelaskan, percepatan perekeman KTP ini sebagai langkah tepat agar saat mendekati Pilkada 2024 nanti, seluruh masyarakat sudah bisa menggunakan hak suaranya.

BACA JUGA:Kota Bengkulu 'Double Hattrick' Raih WTP dari BPK

Kemudian, Widodo juga memastikan ketersediaan blangko KTP elektronik (e-KTP) bagi pemilih pemula menjelang Pilkada 2024 aman.

“Alhamdulillah, untuk pelaksanaan Pilkada terkait dengan ribbon dan blangko semuanya dinyatakan cukup,” tambah Widodo.

Berkaitan dengan ini, Dukcapil terus mendorong penggunaan Identitas Kependudukan Digital (IKD), apalagi IKD ini sangat diminati kalangan remaja termasuk pemilih pemula.

Selain itu, Widodo juga mengungkapkan, saat ini pihaknya kerap memanfaatkan waktu libur kerja. 

BACA JUGA:Pj Walikota Arif Gunadi Penuhi Aspirasi Warga Kampung Bahari yang Butuh Lampu Jalan

Pelayanan ini merupakan program baru Dukcapil yakni Jemput Bola Sabtu Minggu (Jebol Sagu), melalui petugas Dukcapil Keliling (dukling) akan mendatangi seluruh rumah warga yang belum memiliki KTP untuk diproses.

Pada intinya, Disdukcapil mendorong agar para pemilih pemula menyadari bahwa menyampaikan aspirasi itu ialah modal dasar untuk melaksanakan pembangunan, karena pada Pilkada ini kita akan menentukan pilihan untuk sosok pemimpin daerah 5 tahun mendatang. 

Ini juga sebagai rangka partisipasi aktif para pemilih menyukseskan pesta demokrasi di Kota Bengkulu. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: