Inilah 5 Penyebab Kuku Kaki Menghitam, Salah Satunya Terinfeksi Jamur

Inilah 5 Penyebab Kuku Kaki Menghitam,  Salah Satunya Terinfeksi Jamur

Salah satu faktor atau penyebab utama kuku kaki hitam yaitu karena cedera atau trauma yang umum disebut dengan hematoma subungual-Pinterest -

3. Kuku tumbuh ke dalam

Kuku yang tumbuh ke dalam atau dikenal dengan cantengan (onychocryptosis) dapat menyebabkan kuku kaki hitam. Ketika kuku tumbuh ke dalam, tekanan yang terjadi di sekitar kuku dapat menyebabkan perdarahan di bawah kuku. 

Hal inilah yang kemudian membuat kuku atau area di bawahnya menjadi hitam. Gejala lain yang sering terjadi ketika kuku tumbuh ke dalam meliputi nyeri, pembengkakan, kemerahan, dan bahkan nanah jika infeksi terjadi.

BACA JUGA:Mau Suntik Kurus? Perhatikan Efek Sampingnya, Jangan Sampai Menyesal

4. Melanoma

Dalam kasus yang jarang terjadi, kuku hitam bisa disebabkan oleh melanoma. Melanoma pada kuku, terjadi ketika sel-sel melanosit (yang menghasilkan pigmen melanin) menjadi ganas dan berkembang di bawah kuku.

Gejala melanoma dapat termasuk perubahan warna kuku, seperti garis vertikal hitam atau kebiruan di bawah kuku, perubahan bentuk kuku, dan perubahan pada kulit di sekitar kuku. 

Apabila hal ini terjadi, Anda harus segera memeriksakan kondisi kuku ke dokter. Pasalnya, melanoma tumbuh dan berkembang secara perlahan tanpa adanya gejala-gejala tertentu.

5. Perubahan pigmen pada kuku

Orang dengan kulit gelap lebih rentan terhadap perubahan pigmen, termasuk pada kuku. Ini bisa disebabkan oleh peningkatan aktivitas melanosit, sel-sel yang menghasilkan melanin, yang umumnya terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih gelap.

Perubahan pigmen pada kuku bisa menyebabkan kuku berubah warna menjadi hitam yang bisa memengaruhi seluruh atau sebagian dari kuku. 

BACA JUGA:Inilah Faktor Risiko dan Bahayanya Resistensi Insulin bagi Kesehatan

Itulah beberapa penyebab mengapa kuku menjadi hitam. Anda tidak perlu khawatir jika kuku kaki hitam akibat cedera dapat sembuh dengan sendirinya tanpa perawatan medis tertentu. Oleh karena itu, penting untuk merawat kuku agar tetap sehat dan terawat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: