Angka Stunting di Kota Bengkulu Turun Drastis

Angka Stunting di Kota Bengkulu Turun Drastis

Angka stunting di Kota Bengkulu-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Berdasarkan data SSGI 2022 dan SKI 2023 prevelensi stunting Kota Bengkulu turun drastis, semula 12,9 persen (tahun 2022), menjadi 6,7 (tahun 2023), turun 6,2 persen.

Ini membuktikan penanganan stunting di Kota Bengkulu bukan omongan semata. 

Pemerintah Kota di bawah kepemimpinan Arif Gunadi benar-benar berkomitmen menangani stunting dan membuat Kota Bengkulu ‘Zero Stunting’. Atas capaian ini, Arif selaku Pj Walikota mengucapkan terimakasih atas peran seluruh pihak. 

“Alhamdulilah, pertama saya ingin sampaikan terimakasih kepada tim yang sudah bekerja dengan baik sehingga dapat menekan stunting di kota yang kita cintai ini,” ujar Arif.

BACA JUGA:Minimalisir Kasus DBD, Pemkot Bengkulu Bagikan Pestisida Pembasmi Jentik Nyamuk

Ia juga mengapresiasi seluruh pihak atas kerja keras dalam menekan angka prevalensi stunting. Sekaligus ia menekankan kepada seluruh perangkat daerah agar tidak cepat puas atas hasil ini. 

Baginya, keberhasilan ini justru menjadi pemacu semangat untuk terus menurunkan bahkan menghilangkan kasus stunting di Kota Bengkulu.

Perihal ini, Arif menyakini dengan keterlibatan semua pihak dan pemangku kepentingan, Kota Bengkulu bebas stunting akan mudah dicapai.

“Kolaborasi dan sinergi harus terus ditingkatkan di seluruh perangkat daerah, stakeholder dan bersama masyarakat. Termasuk melaksanakan langkah nyata untuk menekan dan menurunkan angka stunting bahkan membuat Kota Bengkulu zero stunting,” jelas Arif.

BACA JUGA:Ratusan Penumpang Lion Air Bengkulu - Jakarta Terlantar, Pihak Maskapai Berikan Kompensasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu melalui Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang dikomandoi Pj Sekda Eka Rika Rino fokus melakukan konvergensi pencegahan stunting.

Upaya konvergensi stunting selaras dengan program Pemerintah Pusat yang menargetkan prevalensi stunting turun hingga 14 persen. 

Untuk Kota Bengkulu, TPPS menargetkan turun menjadi zero stunting. Tim terus berusaha dan bekerja keras demi mendapatkan hasil terbaik dan membawa nama Kota Bengkulu menjadi yang terbaik dengan capaian zero stunting ke depannya.

Pada target ini juga perlu penguatan komitmen akan kolaborasi pentahelix dalam upaya percepatan penurunan stunting sangatlah penting. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: