Ini Dia Manfaat Buat Kiwi bagi Kesehatan

Ini Dia Manfaat Buat Kiwi bagi Kesehatan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma, seperti mengi dan sesak napas. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi. buah yang memiliki cita rasa asam manis ini diketahui mampu meningkatkan kualitas tidur dan menjaga kesehatan pencernaan. Beragam manfaat tersebut dapat diperoleh dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya.

buah yang berbentuk menyerupai telur ayam dengan kulit berwarna cokelat dan bulu-bulu halus di permukaannya ini memiliki nama latin Actinidia deliciosa. Meski identik dengan negara Selandia Baru, buah kiwi sebenarnya berasal dari Cina bagian timur.

BACA JUGA:Begini Cara Mengangkat Sel Kulit Mati yang Paling Efektif

Rasanya yang manis dan warnanya yang menarik membuat buah kiwi populer dijadikan sebagai penghias kue. Selain itu, manfaat buah kiwi sangat banyak bagi kesehatan sehingga cocok untuk dijadikan sebagai camilan sehat.
Kandungan Nutrisi Buah Kiwi

Dalam 100 gram buah kiwi terkandung 64 kalori dan beberapa nutrisi berikut ini:
1 gram protein
3 gram serat
74,7 mg vitamin C
35 mg kalsium
1,3 mg vitamin E
0,24 mg zat besi

Selain itu, buah kiwi juga kaya akan antioksidan dan air serta beberapa mineral penting, seperti kalium, magnesium, zinc, dan fosfor.

BACA JUGA:Volume Sampah Meningkat Hingga 500 Ton Per Hari Selama Lebaran

Beragam Manfaat Buah Kiwi bagi Kesehatan
Rasa Buah Kiwi yang manis dan segar tak hanya nikmat untuk disantap, tetapi juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat Buah Kiwi bagi kesehatan:

1. Menjaga kesehatan pencernaan
Penelitian menunjukkan bahwa Buah Kiwi dapat meningkatkan bakteri baik dalam usus, sehingga mampu meredakan gejala irritable bowel syndrome (IBS) dan konstipasi. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam Buah Kiwi juga dapat mencegah penyakit yang disebabkan kerusakan DNA, seperti kanker usus besar.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Manfaat Buah Kiwi untuk meningkatkan daya tahan tubuh berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini. Vitamin C merupakan unsur penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan penyakit seperti flu. Konsumsi sekitar 180 gram Buah Kiwi dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

3. Menurunkan tekanan darah
Buah Kiwi memiliki beberapa senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi (hipertensi). Dengan terjaganya tekanan darah, risiko terjadinya serangan jantung maupun stroke, dapat ditekan.

BACA JUGA:Sengkuni! Kalau Bicara Klemak-Klemek Tapi Jadi Tukang Fitnah

4. Meningkatkan kualitas tidur
Selain kaya akan antioksidan, buah kiwi juga mengandung serotonin yang tinggi. Serotonin merupakan senyawa kimia otak yang dapat mengatur siklus tidur, sehingga Anda bisa tidur lebih nyenyak dan berkualitas. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi sebanyak 1–2 buah sebelum tidur dapat membantu seseorang tidur lebih cepat dan nyenyak.

5. Menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah
Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 2–3 buah kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah dan mengurangi jumlah lemak dalam darah. Pembekuan darah berkaitan dengan berbagai penyakit dan kondisi serius yang bisa mengancam nyawa, seperti stroke, penyakit jantung, dan emboli paru.

6. Menjaga kesehatan mata
Manfaat buah kiwi lainnya adalah menjaga kesehatan mata dan mencegah kebutaan, berkat kandungan karoten, antioksidan, serta lutein dan zeaxanthin. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi setiap hari dapat menurunkan risiko terkena degenerasi makula sebesar 36%.

7. Menjaga kesehatan kulit
Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah kawi dapat bermanfaat bagi tubuh untuk membentuk kolagen, sebuah protein penting yang mampu menjaga kesehatan kulit. Kolagen dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru dan menggantikan sel kulit yang telah mati.

BACA JUGA:Kisah Sakuntala, Ibu Kandung Raja Bharata

8. Menurunkan berat badan
Jika Anda sedang mencari makanan untuk diet, buah kawi merupakan salah satu pilihan yang tepat. Soalnya, buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Konsumsi makanan tinggi serat, seperti buah kiwi, bisa memberikan efek kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan berlebih. Hal ini tentunya dapat mengurangi asupan kalori dan membantu penurunan berat badan.

9. Mencegah diabetes
Selain menurunkan berat badan, buah kiwi juga dapat mencegah penyakit kronis, seperti diabetes. Ini karena dengan menurunkan berat badan, Anda dapat terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas yang merupakan salah satu faktor risiko terjadinya diabetes. Selain itu, buah kiwi juga merupakan salah satu makanan dengan indeks glikemik rendah, sehingga mengonsumsinya tidak akan menimbulkan lonjakan gula darah.

10. Meredakan asma
Kandungan antioksidan yang tinggi pada kiwi dapat meredakan gejala asma, seperti mengi dan sesak napas. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbaikan kondisi paru-paru pada penderita asma yang mengonsumsi buah secara teratur, termasuk buah kiwi.

BACA JUGA:Pandawa dan Kurawa Berjudi

Selain beberapa manfaat di atas, konsumsi buah kiwi juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang, mengencangkan kulit, serta menurunkan berat badan. Manfaat buah kiwi ini bisa Anda dapatkan baik dengan mengonsumsinya secara langsung maupun diolah menjadi berbagai jenis makanan dan minuman, seperti smoothies maupun kue.Di balik manfaat buah kiwi yang begitu manis, buah ini juga dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang. Reaksi alergi buah kiwi bisa berupa bibir bengkak, gatal-gatal pada kulit dan tenggorokan, mual, serta muntah.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: