Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Mobil Turun Mesin, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Mobil Turun Mesin, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Turun mesin disebabkan adanya kerusakan pada komponen mesin sehingga mengganggu kinerja mesin-Pinterest -

Pada akhirnya, melalui perawatan berkala tersebut, kerusakan yang terjadi dapat segera diperbaiki sehingga mampu mengantisipasi kerusakan yang jauh lebih berat hingga turun mesin. 

2. Ganti Oli Teratur

Oli merupakan komponen yang sangat penting untuk mesin mobil. Sebagai pelumas oli dapat mengurangi gesekan yang terjadi antar komponen mesin mobil. 

Oleh karena itu, kondisi oli harus dipantau secara serius dan jangan sampai berkurang dari jumlah yang diharuskan, apalagi sampai habis.

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan, oli kering atau sudah terlalu lama tidak diganti, maka dapat menimbulkan dampak pada kerusakan mesin. Oleh sebab itu, pastikan melakukan pemeriksaan dan penggantian secara berkala. 

BACA JUGA:Lakukan Tips Perawatan Ini Untuk Mencegah Kerusakan Pada Mobil

3. Hindari Banjir

Pencegahan turun mesin pada mobil juga dapat dilakukan dengan cara memilih rute jalan dengan tepat. Pemilihan rute jalan begitu penting, utamanya ketika musim hujan. 

Melewati jalanan yang penuh dengan air akan memberikan dampak buruk pada mesin mobil, karena air yang sudah tercampur dengan kotoran masuk di mesin dan menyebabkan kerusakan. 

4. Berkendara dengan Aman

Cara Anda berkendara juga memberikan pengaruh pada mesin mobil. Kebiasaan seperti memacu mobil dengan cepat serta melakukan pengereman secara mendadak lebih baik mulai dihindari. 

Kebiasaan menyetir tersebut dapat membuat mesin bekerja dengan keras. Sebisa mungkin, berkendaralah dengan santai sehingga perjalanan akan lebih nyaman dan aman.

BACA JUGA:Ini Cara Ampuh Mengoptimalkan Performa Baterai Motor Listrik 

5. Hindari Menggunakan Mobil Lebih dari Kapasitas

Ketika mengendarai mobil, perhatikan jumlah penumpang serta barang yang diangkut. Berkendara dengan barang yang melebihi kapasitas akan membuat kinerja mobil menjadi lebih berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: