Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Mobil Turun Mesin, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Lakukan Ini Jika Tidak Ingin Mobil Turun Mesin, Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Turun mesin disebabkan adanya kerusakan pada komponen mesin sehingga mengganggu kinerja mesin-Pinterest -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pernahkah kamu mendengar istilah mesin mobil turun? Apa yang dimaksud turun mesin pada mobil? Untuk memahami mengenai apa maksud dari pertanyaan di atas, artikel ini akan memberikan penjelasan di bawah ini. Yuk, simak bersama. 

Dirangkum dari berbagai sumber, istilah turun mesin atau overhaul adalah proses pembongkaran mesin mobil untuk melakukan pemeriksaan, perbaikan, ataupun penggantian komponen yang ada didalamnya. 

Turun mesin disebabkan adanya kerusakan pada komponen mesin sehingga mengganggu kinerja mesin, atau bahkan membuat mesin tidak dapat bekerja sama sekali. 

Turun mesin sendiri merupakan hal yang paling dihindari oleh setiap pemilik kendaraan karena seringkali akan memakan biaya yang cukup besar jika sampai terjadi. 

BACA JUGA:Cegah Risiko Kecelakaan, Simak Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Maka dari itu, bagi Anda para pemilik mobil disarankan untuk selalu memperhatikan dan merawat kondisi kendaraan yang Anda miliki, khususnya untuk bagian mesin. 

Selain memiliki fungsi utama sebagai sumber penggerak mobil Anda, mesin mobil tentu akan sangat memakan biaya jika mengalami kerusakan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan mesin mobil turun seperti, overheating, mesin terendam air, oli mesin habis, kurangnya ari radiator dan timing belt yang putus. 

Untuk mengantisipasi hal tersbut, berikut ini tips cara merawat mobil agar terhindar dari turun mesin. 

BACA JUGA:Ini Cara Ampuh Mengoptimalkan Performa Baterai Motor Listrik

Tips Merawat Mobil Agar Terhindar dari Turun Mesin

1. Perawatan Berkala

Perawatan rutin adalah upaya utama untuk mencegah terjadinya turun mesin. Dengan melakukan perawatan secara berkala, seluruh komponen kendaraan tentunya akan mendapatkan pemeriksaan dengan baik. 

Dengan demikian, tiap-tiap komponen termasuk mesin pasti akan mendapatkan pengawasan secara rutin dan jika ada potensi kerusakan akan terdeteksi lebih awal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: