Cegah Obesitas, Intip 5 Manfaat Puasa untuk Tumbuh Kembang Anak

Cegah Obesitas, Intip 5 Manfaat Puasa untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat puasa untuk anak yang bisa didapatkan bila mulai membiasakannya sejak kecil.-freepik.com -

BENGKULUEKSPRESS.COM - Untuk kamu para orangtua, tahukah kamu? Ada beberapa manfaat puasa untuk anak yang bisa didapatkan bila mulai membiasakannya sejak kecil. 

Yang menjadi pertanyaan apakah anak-anak boleh berpuasa?Jawabannya adalah boleh. Anak dianjurkan menjalankan puasa Ramadan saat memasuki masa pubertas, yaitu usia 10-14 tahun untuk anak perempuan dan 12-16 tahun untuk laki-laki. 

Namun, anak bisa mulai berlatih puasa saat berusia  6-7 tahun. Meski begitu, sebaiknya tetap sesuaikan lagi dengan kemampuan anak untuk mulai mengajarkannya puasa.

Jika sudah membiasakan anak-anak berpuasa sejak dini, kira-kira apa saja manfaat puasa untuk anak kecil? Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya. 

BACA JUGA:Buat Timbangan Turun! Begini Cara Menurunkan Berat Badan Saat Puasa

Ragam manfaat puasa untuk tumbuh kembang anak 

Dilansir dari laman hallosehat.com pada dasarnya, ibadah puasa Ramadan tidak diwajibkan bagi anak. Namun, tidak ada salahnya bagi orangtua untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini.

Selain agar mulai membiasakan diri, ada beberapa manfaat yang bisa didapat anak dengan menjalankan ibadah puasa. 

Lantas, apa saja manfaat tersebut? Berikut adalah manfaat puasa bagi anak, baik untuk kesehatan maupun tumbuh kembangnya.

BACA JUGA:Kapan Waktu Terbaik Sahur Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW? Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut

BACA JUGA:Lakukan 5 Tips Hindari Kekenyangan Saat Berbuka Agar Lebih Produktif Ibadah Malam

1. Menstimulasi sistem kekebalan tubuh 

Puasa dapat memberikan stimulus positif pada sistem kekebalan tubuh anak. Pasalnya, melansir The Institute for Functional Medicine, puasa bisa memperbaiki jaringan sel yang rusak dan merangsang produksi sel darah putih baru. 

Sel darah putih adalah komponen utama dalam sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan aktivitas sel darah putih, maka daya tahan tubuh anak pun dapat terbentuk lebih kuat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: