Agar Dimudahkan Rezeki Saat Memasuki Hari Tua, Amalkan Doa Berikut Ini

Agar Dimudahkan Rezeki Saat Memasuki Hari Tua, Amalkan Doa Berikut Ini

Amalan doa rezeki lancar sampai hari tua-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Di dalam perjalanan hidup manusia, akan ada berbagai tahapan, termasuk memasuki masa-masa lanjut usia.

Seringkali, ketika seseorang memasuki fase lanjut usia, kekhawatiran tentang kestabilan ekonomi menjadi beban yang sering dirasakan.

Namun, sebagai umat Islam, penting untuk percaya pada rencana dan rahmat dari Allah SWT.

BACA JUGA:Amalan Saat Jeda Sholat Tarawih, Ustadz Adi Hidayat Anjurkan Doa Ini

BACA JUGA:Anak Masih Susah Diatur, Orang Tua Coba Amalkan Doa Berikut Ini

Kita meletakkan kepercayaan kita sepenuhnya pada-Nya dan memohon segala sesuatu hanya kepada-Nya. Salah satu cara kita mengekspresikan harapan kita kepada Allah SWT adalah melalui doa.

Melalui doa, kita memohon kepada Allah SWT agar memberikan kemudahan rezeki dan memberikan kelancaran dalam segala aspek kehidupan, termasuk menjalani masa tua.

Banyak orang yang merasa cemas dan khawatir akan nasib mereka saat memasuki masa tua, tetapi dengan doa, kita dapat menyerahkan segala kekhawatiran tersebut kepada Allah SWT.

Dalam menghadapi kekhawatiran seperti itu, sangatlah bijak untuk membekali diri dengan doa, memohon agar rezeki diperlancar menjelang pensiun atau doa agar rezeki tetap lancar di usia senja.

Doa rezeki jelang hari tua yang diajarkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW kepada Sayyidah Aisyah RA, istrinya yang tercinta, adalah sebagai berikut:

عن عائشة رضي الله عنها، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يدعو: اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْسَعَ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّي وَانْقِطَاعِ عُمُرِي

Artinya:

"Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah ra: Sungguh Rasulullah saw biasa berdoa: Ya Allah, jadikan rezeki-Mu yang paling luas bagiku saat menuanya usiaku dan hampir habisnya umurku (HR Al-Hakim dan At-Thabarani)

Maksud dari hadis tentang doa rezeki jelang pensiun, menurut penjelasan Al-Hafizh Al-Munawi, adalah bahwa rezeki jelang hari tua atau masa pensiun mencakup dua jenis rezeki, yaitu rezeki lahiriah seperti makanan yang dibutuhkan untuk kekuatan fisik, dan rezeki batiniah seperti ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: