10 Tips Ampuh Hindari Perut Kembung Setelah Santap Sahur

10 Tips Ampuh Hindari Perut Kembung Setelah Santap Sahur

Tips Ampuh Hindari Perut Kembung Setelah Santap Sahur-freepik.com -

Mengutip dari situs resmi ayosehat.kemkes.go.id, disebutkan bahwa minum air putih sebanyak dua gelas bisa dilakukan saat sahur.

Namun, untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan harian, maka minum delapan gelas air putih sehari tetap perlu untuk dilakukan. Minum delapan gelas air putih merupakan cara yang efektif untuk mencegah terjadinya dehidrasi selama puasa.

8. Mengonsumsi minuman herbal 

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah perut kembuh setelah sahur adalah mengonsumsi minuma herbal seperti teh herbal atau minuman yang mengandung rempah misalnya jahe, kunyit dan rendaman serai.

BACA JUGA:Kurma dan Jahe Ampuh Atasi Masalah GERD, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

9. Hindari langsung tidur setelah sahur

Biasanya saat sahur sebagian orang akan tidur lagi, namun tahukah kamu dengan langsung tidur setelah sahur akan membuat perut menjadi kembung. Pasalnya jarak jam makan dan waktu tidur membutuhkan waktu 4 jam agar dapat mencerna makanan dengan baik. 

10. Makan dan minum sahur dengan tidak tergesa

Terakhir, biasanya saat santap sahur banyak orang akan terburu-buru karena ingin tidur kembali atau waktu yang terlalu mepet.

Bagi Anda yang belum tahu, makan terburu-buru juga dikaitkan dengan gastritis erosif atau peradangan yang menggerogoti lapisan perut, menyebabkan luka yang dangkal atau terkadang bisul yang dalam.

Selain itu, mereka yang makan cepat cenderung makan berlebihan dan menyebabkan makanan lebih lama berada di dalam perut, sehingga lapisan perut terkena asam lambung.

Nah, itulah informasi seputar tips bagaimana cara menghindari perut kembung setelah santap santap sahur. Di bulan ramadhan kita memang harus lebih memperhatikan kesehatan karena saat bulan ramadhan terdapat pola yang berbeda mulai dari jadwal makan dan pola tidur. Untuk itu tetap perhatikan pola makan ya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: