Kenapa Orang Sering Demam Saat Puasa? Kenali Faktor Penyebab Demam dan Tips Menghindari Demam Saat Puasa

Kenapa Orang Sering Demam Saat Puasa? Kenali Faktor Penyebab Demam dan Tips Menghindari Demam Saat Puasa

Demam adalah bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri, atau parasit. -Pinterest -

BACA JUGA:Minuman Herbal Tempe dan Kurma, Ampuh Atasi Sakit Maag, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

Nah, dengan mengetahui beberapa faktor penyebab munculnya demam saat berpuasa sebaiknya kamu mencukupi kebutuhan cairan dan nutrisi selama berpuasa. 

Tujuannya adalah untuk mencegah dehidrasi dan sebagai “bahan bakar” tubuh untuk menjalankan fungsi-fungsinya. 

Saat badan terasa lemas atau demam saat berpuasa, coba luangkan waktu untuk beristirahat dan lakukan tips berpuasa saat demam yang dikutip dari laman halodoc.com 

1. Cukupi Kebutuhan Asupan Cairan

Pastikan kebutuhan cairan tubuh kamu tercukupi. Hal ini penting, karena saat tubuh akan mengalami kenaikan suhu, maka tubuh kamu akan terasa panas. 

Saat inilah cairan dalam tubuh, seperti menguap dan tubuh mudah sekali mengalami dehidrasi. Hindari dehidrasi dengan banyak minum air putih dari waktu berbuka puasa hingga menjelang imsak.

BACA JUGA:Kurma dan Jahe Ampuh Atasi Masalah GERD, dr Zaidul Akbar Bagikan Resepnya

2. Kompres Air Hangat

Kompres merupakan tindakan yang biasanya dilakukan saat demam. Namun, kompres tidak efektif menurunkan suhu tubuh jika menggunakan air dingin. 

Sebaiknya gunakan kompres air hangat untuk memindahkan suhu panas pada tubuh. Bagian tubuh yang biasa kamu kompres adalah dahi dan ketiak.

3. Jangan Mengenakan Pakaian Tebal

Hindari mengenakan selimut tebal dan pakaian hangat, karena hal ini justru menghambat proses pelepasan panas dari dalam tubuh.

Meski kamu merasa kedinginan saat demam, tetapi sebenarnya suhu tubuh kamu sangat tinggi, sehingga harus menurunkannya agar tubuh menjadi lebih hangat. 

Biarkan tubuh kamu mengeluarkan panas berlebihan, dan tutupi tubuh dengan selimut atau kain yang tipis jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: