Berapa Rakaat Rasulullah SAW Sholat Tarawih? 11 atau 23 Rakaat? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Berapa Rakaat Rasulullah SAW Sholat Tarawih? 11 atau 23 Rakaat? Ini Kata Ustaz Adi Hidayat

Ustaz Adi Hidayat jelaskan jumlah rakaat sholat tarawih yang dilakukan oleh Rasulullah-(foto: kolase/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Bulan Ramadhan adalah salah satu periode yang sangat dinanti-nantikan oleh umat Muslim untuk menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Selain menunaikan ibadah puasa, umat Muslim di seluruh dunia juga mengadakan salat Tarawih dan witir di malam hari setelah salat Isya.

BACA JUGA:Sholat Witir 1 Atau 2 Kali Salam, Ustaz Adi Hidayat Jelaskan Cara Witir Ala Rasulullah SAW

BACA JUGA:Cara Sholat Tarawih 11 Rakaat Sesuai Tuntunan Rasulullah SAW, Simak Penjelaskan Ustaz Adi Hidayat Berikut

Meskipun ibadah ini telah dilaksanakan sejak zaman Rasulullah hingga saat ini, masih terdapat perdebatan yang muncul karena adanya perbedaan dalam jumlah rakaat yang dilakukan dalam pelaksanaan salat Tarawih.

Ustaz Adi Hidayat, seorang dai yang terkenal, mengemukakan jumlah rakaat dalam salat Tarawih dan salat Witir sesuai dengan praktik yang pernah diajarkan oleh Rasulullah SAW, sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Aisyah ra.

Hal tersebut disampaikan Ustaz Adi Hidayat dalam suatu ceramah yang videonya diunggah oleh kanal Youtube Ceramah Pendek.

"Saya tidak pernah melihat Rasulullah SAW di Ramadan atau diluar Ramadan melakukan salat malam selain dari 11 rakaat," terang Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat menjelaskan bahwa salat Tarawih yang terdiri dari 11 rakaat yang dilakukan oleh Rasulullah SAW terdiri dari 10 rakaat salat Tarawih dan 1 rakaat salat Witir.

Dalam 10 rakaat salat Tarawih tersebut, dilakukan dengan pola hitungan 2+2+2+2+2, yang berarti dilakukan sebanyak 5 kali dengan 2 rakaat setiap kali salat.

BACA JUGA:Hati-hati! Ini Ciri-ciri Orang yang Celaka di Bulan Ramadhan, Simak Penjelasan Ustaz Adi Hidayat Berikut Ini

BACA JUGA:Agar Mendapatkan Ampunan di Bulan Ramadhan, Ustadz Adi Hidayat Bagikan Rahasianya

Selain itu, Ustaz Adi Hidayat juga menyebutkan rumus lain berdasarkan hadis riwayat Muslim no 738, yaitu pola 4+4+3 yang jumlahnya sama yaitu 11 rakaat.

"Rasulullah SAW menunaikan salat malamnya, 4 rakaat jangan tanyakan bagus dan panjangnya, kemudian salat lagi 4 rakaat, jangan tanya bagus dan panjangnya, setelah itu beliau menunaikan 3 rakaat witir," papar Ustaz Adi Hidayat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: