Hindari Ancaman Digital! Begini Cara Mengetahui Penipuan Di WA

 Hindari Ancaman Digital! Begini Cara Mengetahui Penipuan Di WA

Jenis modus penipuan di WA sendiri memang beragam, sehingga hal ini perlu kamu waspadai secara serius. --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Cara mengetahui penipuan Whatsapp (WA) memang penting untuk diketahui secara detail. Sehingga Anda dapat terhindar dari penipuan atau kegiatan-kegiatan yang merugikan. Terutama, sekarang-sekarang ini banyak pihak yang merasa telah tertipu karena link hingga undangan palsu. Dimana pada akhirnya uang mereka pun ikut raib karena hal tersebut.

Jenis Modus penipuan di WA
Jenis modus penipuan di WA sendiri memang beragam, sehingga hal ini perlu kamu waspadai secara serius. Lalu ada beberapa modus yang biasanya dikirim ke WA sehingga menjadikan penerima pesan ingin membukanya secara sukarela. Lalu apa saja modusnya selain modus penipuan berkedok cinta?

BACA JUGA:Tips Kunci Sukses Memulai Bisnis Furniture di Era Digital

1. Undangan digital
Modus satu ini biasanya sudah marak dikirimkan ke sebagian besar orang-orang dan formatnya yaitu aplikasi atau disingkat menjadi apk. Adapun tujuan dari modus ini sendiri yaitu untuk bisa mendapatkan data-data dari seseorang. Dimana tujuannya yaitu untuk digunakan dalam kegiatan kejahatan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Nantinya, saat Anda membuka penipuan whatsapp undangan pernikahan, maka akan langsung meminta proses instalasi di luar playstore. Dengan begitu, jika Anda mendapatkan undangan seperti ini, sebaiknya jangan dibuka langsung saja dihapus.

2. Link tagihan
Selain mendapatkan link undangan yang berbentuk aplikasi, biasanya modus penipuan melalui  WA pun berupa link tagihan Listrik maupun BPJS. Dalam link tersebut, akan terlihat secara terlintas informasi palsu mengenai tagihan yang perlu kamu bayarkan dengan segera.

Tidak hanya itu, link kiriman tersebut dapat berupa file dengan format apk yang jika Anda unduh malah dapat merugikan dirimu sendiri. Pasalnya, secara tidak langsung hal tersebut dapat langsung mengakses data pribadi bahkan berpotensi tinggi untuk bisa menguras isi rekening yang  Anda miliki. Kemana dana tersebut berasal dari M Banking atau dompet digital yang terinstal di handphone.

BACA JUGA:Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan Plafon Hingga 500 Juta

3. Kurir paket
Selain modus di tas, Anda pun dapat cek no penipu yang mengirimkan modus melalui WA juga dapat berupa pemberitahuan pengiriman paket yang mana format filenya masih berupa apk. Untuk lebih menyakinkan par calon korbnanya biasnaya di dalam keterangan fotonya akan bertuliskan foto paket.  Dimana jika Anda langsung mengunduh file yang nyatanya adalah penipuan lewat wa paket makan beresiko tinggi dan saldo m banking yang Anda miliki terancam akan ludes.

Hal ini karena karena modus tersebut memang bertujuan untuk dapat mencuri one time password atau dikenal OTP yang dikirimkan melalui SMS. Pasalnya dalam proses instalasi aplikasi nantinya, file tersebut dapat meminta banyak hak akses, salah satunya yaitu masuk ke mobile banking.

Ciri Mengetahui Nomor WA Penipu
Selain modus, Anda juga dapat mengenali nomor-nomor yang sebenarnya sudah terindikasi bahwa itu adalah penipu. Adapun cara mengetahui nomor wa di hack adalah sebagai berikut ini!

BACA JUGA:Begini Cara Pinjam Uang di DANA Premium Hingga Rp500.000

1. Nomor asing yang tidak ada kepentingan
Anda perlu mewaspadai terlebih dahulu, jika tiba-tiba ada nomor asing yang masuk dan mengirmkan pesan penipuan lewat WA blokir. Dimana nantinya, biasanya mereka akan menyamar sebagai orang asing untuk dapat menimpa Anda.

Dengan begitu, pastikan untuk tidak terlalu agresif saat menerima pesan mengenai tawaran kerja, hadiah, maupun beasiswa yang mereka coba tawarkan. Cobalah untuk analisa terlebih dahulu, siapa tahu itu hanya penipuan lewat WA dari luar negeri.

Namun, jika Anda merasa ragu bagaimana cara mendapatkan nomor Anda dan penjelasannya juga terasa membingungkan atau syarat-syarat yang diberikan terkesan sangat mudah. Sebaiknya hapus nomor tersebut karena itu berpeluang besar adalah nomor penipu.

2. Memeriksa nomor
Jika kamu merasa asing atau terkesan familiar dengan fotonya karena melihatnya di iklan atau bahkan internet, itu harus hati-hati. Bisa jadi, foto tersebut memang mengambil dari internet untuk dipasang di foto profilnya untuk meyakinkan calon korbannya.

BACA JUGA:Daftar Harga Besi Tua Rongsok per Kilo 2024

Selain itu, Anda juga dapat mencoba menerapkan cara mengetahui nomor penipu di wa dengan cara mengecek nomor WA tersebut melalui get contact untuk mengetahui identitas tersebut. Apabila memang nama dia ditandai sedikit, bisa jadi ia merupakan seorang penipu.

3. Berbeda orang atau susah untuk dihubungi secara pribadi
Apabila telepon sudah dirasa susah untuk dihubungi secara pribadi, padahal dia online bisa jadi menag nomor tersebut adalah penipu. Bisa juga saat Anda menelponnya malah berbeda orang, yang saat nelpon pertama suaranya adalah a, saat telepon kedua itu b, dan ketiga itu c. Jika begitu, maka sudah sepatutnya Anda merasa curiga atas hal tersebut.

Cara Mengatasi Penipuan Di WA
Setelah mengetahui modus dan cara mengetahui nomor penipuan melalui WA, maka sekarang saatnya untuk mengetahui bagaimana caranya mengatasi penipuan yang dilakukan melalui WhatsApp. Untuk caranya sendiri silahkan simka informasi dibawah ini dengan baik.

BACA JUGA:Ini Syarat dan Cara Daftar Mudik Gratis Kimia Farma 2024

1. Membatasi pengguna yang dapat melihat profile
Cara pertama yang dapat Anda lakukan yaitu dengan membatasi orang yang dapat melihat profil maupun statis yang digunakan. Dengan begitu, para penipu tidak dapat dengan mudah untuk mengetahui profil pengguna. Sehingga mereka akan kesusahan dalam mengaku sebagai seorang teman atau bahkan saudara dari  Anda.

2. Memperhatikan ketikan dan bahasa pesan
Cara selanjutnya yaitu dengan memperhatikan pesan yang dikirimnya. Biasanya, Anda pasti sudah menghafal dengan baik bagaimana bahasa maupun ketikan orang-orang terdekat Anda, bukan? Jika Anda merasa tiba-tiba ada pesan masuk dan meminta untuk mengirimkan sejumlah uang dan mengaku sebagai saudara Anda dengan menggunakan bahasa santai. Padahal Anda tahu sendiri bahwa saudara tersebut, sering menggunakan bahasa formal. Maka, Anda perlu hati-hati terhadap hal tersebut. Selain itu, ketikan penipu biasanya kurang rapi dan tata bahasanya kurang terstruktur.

3. Memanfaatkan verifikasi dua langkah
Langkah selanjutnya yaitu dengan memperhatikan verifikasi dua langkah, sehingga nantinya jika ada yang ingin meretas WA mu, maka akan ada proteksi atau pemberitahuan. Dengan begitu, WA akan jauh lebih aman. Biasanya, saat hendak memasukan nomor di perangkat lainnya, Anda diminta untuk memasukan enam digit PIN rahasia.

BACA JUGA: Pemprov Banten Siapkan Mudik Gratis 2024! Begini Cara Pendaftarannya

4. Usahakan untuk selalu logout dari WhatsApp Web
Usahakan untuk logout  saat menggunakan WA webs dan sebisa mungkin, jangan gunakan wifi public untuk dapat membuka WA web karena hal tersebut sangat berbahaya. Bisa jadi, itu dapat membuka pintu peretas dapat masuk ke akun WA yang Anda miliki.Terdapat beberapa cara mengetahui penipuan di wa dengan mudah.

Salah satunya yaitu dengan membatasi pengguna yang dapat melihat profile, melakukan verifikasi dua langkah, dan lain sebagainya. Selain itu, selalu berhati-hatilah dalam membuka pesan di WA, jangan asal membuka file yang tidak jelas. Terutama file yang memiliki format Apk karena itu sangat berbahaya.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: