Tangani 35 Kejadian, Basarnas Bengkulu Diapresiasi Pemprov Bengkulu di HUT ke-52

Tangani 35 Kejadian, Basarnas Bengkulu Diapresiasi Pemprov Bengkulu di HUT ke-52

Basarnas Bengkulu Diapresiasi Pemprov Bengkulu di HUT ke-52 -(foto: tri yulianti)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu memberikan apresiasi terhadap Kantor Basarnas Bengkulu yang telah berkontribusi secara aktif dalam memberikan pertolongan dan cepat tanggap ketika ada bencana di Provinsi Bengkulu.

Apresiasi itu disampaikan langsung oleh Wakil Gubernur Bengkulu Rosjonsyah yang dalam hal ini bertindak sebagai inspektur upacara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas ke 52, tahun 2024 dengan mengusung tema Quick Action Satu Jiwa Satu Rasa.

"Terima kasih kepada Basarnas yang telah menjadi instansi yang handal dan efektif dalam menangani berbagai bencana alam khususnya di Provinsi Bengkulu," ujar Rosjonsyah, Kamis (29/2/2024).

Tak hanya itu, Rosjonsyah juga menilai bahwa kinerja Basarnas Bengkulu sudah cukup baik. Terlebih dalam hal kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai bencana yang akan terjadi di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Buka Lowongan untuk 60 Orang, Diberi Pelatihan Menjahit dan Langsung Kerja

Seperti gempa bumi, tsunami, banji, tanah longsor, kecelakaan laut, hingga memberikan pertolongan terhadap pencarian orang tenggelam.

"Kami selaku pemerintah daerah akan terus mendukung dan memperkuat kerjasama dengan Basarnas dalam rangka membangun Indonesia lebih tangguh dan siap menghadapi berbagai bencana yang mungkin terjadi di masa depan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Basarnas Bengkulu Muslikun menyampaikan bahwa hingga saat ini pihaknya telah bekerja sesuai dengan SOP yang ada.

Meskipun keterbatasan jumlah personil, namun pihaknya tetap akan bekerja dengan baik guna memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Bengkulu.

Ia juga menyebutkan, selama tahun 2023 Basarnas Bengkulu telah melaksanakan penanganan terhadap kecelakaan yang meliputi kecelakaan kapal, kecelakaan khusus, bencana dan kondisi membahayakan manusia.

BACA JUGA:Viral Video Keluarga Pasien Tak Dilayani, Dirut RSDH Sebut Pasien Sedang Diproses Rujuk RSMY

Diantaranya, 28 kejadian dengan kecelakaan kapal sebanyak 7 kejadian, kondisi membahayakan manusia sebanyak 18 kejadian, bencana 2 kejadian dan kecelakaan khusus 1 kejadian.

Sedangkan untuk jumlah korban sebanyak 77 orang, dengan jumlah korban selamat 52 orang, meninggal dunia sebanyak 21 orang dan hilang 4 orang. 

Disisi lain, untuk tahun 2024 Basarnas Bengkulu telah menangani sebanyak 7 kejadian. Meliputi 1 bencana alam, 1 kecelakaan kapal dan 5 kondisi membahayakan jiwa manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: