Prediksi Sosok Pimpinan DPRD Kota Bengkulu Periode 2024-2029, Incumbent Lebih Berpeluang

Prediksi Sosok Pimpinan DPRD Kota Bengkulu Periode 2024-2029, Incumbent Lebih Berpeluang

Peraih suara terbanyak sementara calon DPRD Kota Bengkulu Pemilu 2024-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dari hasil pemilu legislatif 2024 sementara ini sudah muncul nama-nama yang bakal menduduki 35 slot kursi DPRD Kota Bengkulu periode 2024-2029.

Namun untuk posisi pimpinan dewan, Waka I dan Waka II masih belum ditentukan karena tentunya bakal kembali ke kebijakan partai pemenanga seperti PAN, PKS dan Nasdem. 

Untuk PAN sendiri, biasanya penentuan kursi ketua ditentukan dari perolehan suara terbanyak yang kemungkinan besar diduduki Herimanto yang di dapil II (Gading Cempaka-Singgaran Pati) berhasil meraup sebanyak 4.067 suara (data KPU 28 Februari 2024) mengungguli seluruh Caleg yang ada. 

PAN sendiri mutlak menjadi partai pemenang dalam pileg 2024 ini dengan total mendapatkan 7 kursi di DPRD Kota Bengkulu dengan total suara keseluruhan 37.953 suara. 

BACA JUGA:Keluarga Pejabat Bengkulu Menang di Pileg, Pengamat Politik: Diuntungkan Kekuasaan, Tetapi yang Milih Rakyat

7 kursi tersebut yakni Herimanto, Dediyanto, Samsu Ikhwan, Indra Sukma, Fachrulsyah, Parizan Hermedi, dan Kusmito Gunawan. 

Selanjutnya untuk posisi wakil ketua I DPRD Kota akan diisi dari partai PKS dengan perolehan total kursi dan suara terbanyak kedua yakni 21.232 suara. 

Dalam Pileg 2024 ini pun PKS berhasil mendapatkan 4 kursi di DPRD Kota Bengkulu yang didominasi pendatang baru yakni Andi Saputra, Rahmat Widodo, Imran Sawiran, dan sebagai incumbent Pudi Hartono. 

Dalam internal PKS, penentuan siapa yang bakal ditetapkan menduduki kursi wakil ketua I DPRD kota Bengkulu ini merupakan kebijakan partai dan keputusan akan diambil ketua DPW PKS Bengkulu. 

BACA JUGA:Tim Caleg DPRD Kota Bengkulu Lapor ke Bawaslu, Terkait Dugaan Intimidasi Petugas PPK dan Saksi Mandat Partai

Namun dari keempat sosok calon pemenang di Pileg 2024 ini, nama Pudi Hartono paling diunggulkan untuk menempati posisi Waka I DPRD Kota Bengkulu. 

Bukan tanpa alasan, mengingat Pudi merupakan satu-satunya incumbent yang tentunya paling berpengalaman di DPRD kota dan juga sudah pernah diposisi banggar DPRD Kota dengan segala klimaks persoalan yang sudah dilalui di periode 2019-2024 lalu. 

Terakhir untuk posisi Wakil Ketua II DPRD kota yang bakal diduduki dewan dari partai Nasdem sebagai peraih kursi terbanyak ketiga dengan total 4 kursi dan total suara 19.875.

4 kursi tersebut bakal diduduki Rahmat Mulyadi sebagai incumbent, Riuslan, Riduan, dan Evi Hasnah yang ketiganya juga merupakan pendatang baru. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: