Biar Gak Salah Pilih, Ini Dia Perbedaan Body Mist dan Parfum

Biar Gak Salah Pilih, Ini Dia Perbedaan Body Mist dan Parfum

ternyata masih banyak orang yang tidak bisa membedakan antara parfum dan body mist --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa sih yang tidak mau tampil maksimal? Nah, salah satu hal yang tentu tidak bisa kamu lewatkan adalah menjaga tubuhmu tetap harum. Selain mandi dan mengenakan pakaian yang bersih, kamu juga  mungkin sudah terbiasa  menyemprotkan pewangi ke baju atau ke tubuhmu, bisa dengan parfum atau body mist.

Nah, ternyata masih banyak orang yang tidak bisa membedakan kedua jenis produk ini, lho! Agar kamu bisa tahu mana cocok untukmu, yuk cari tahu dulu perbedaan body mist dan parfum!

BACA JUGA:Baik Untuk Diet! Makanan Ini Kaya Mengandung Serat

Jenis-jenis parfum
Selama ini kamu sudah memilih jenis parfum yang tepat belum sih? Ini cukup penting untuk diketahui karena ternyata ada beberapa jenis parfum dan bisa jadi kamu kurang cocok dengan salah satu di antaranya. Daripada salah beli, sebelum tahu perbedaan body mist dan parfum, yuk cari tahu dulu apa saja jenis-jenis parfum!

1. Extrait de Parfum
Parfum ini terbuat dari minyak wangi yang diekstraksi murni. Biasanya parfum ini sangat pekat, karena terdiri dari sekitar 20-30% ekstraksi. Aromanya bertahan hingga seharian saat dioleskan ke tubuh. Namun, jenis parfum ini dapat mengiritasi kulit pada beberapa orang. Selain itu, parfum ini juga dapat dengan mudah berpindah bahkan saat menyentuh atau memeluk seseorang. Nah, jika kamu tidak menyukai aroma yang kuat, mungkin parfum ini kurang cocok untukmu.

BACA JUGA:Prediksi Partai Terbanyak Meraih Kursi DPRD Rejang Lebong, PAN 6 Kursi

2. Eau de parfum
Parfum jenis ini kurang pekat dibandingkan Extrait de Parfum. Konsentrasi ekstraksinya sekitar 15% hingga 20% sehingga aromanya relatif lebih ringan. Bagi yang sering melakukan aktivitas dengan orang lain, parfum ini cocok karena bisa bertahan sepanjang hari. Parfum ini memiliki aroma lebih lembut, sehingga orang orang-orang di sekitarmu tidak akan pusing menciumnya.
 
3. Eau de Toilette
Eau de toilette memiliki konsentrasi yang lebih rendah, yaitu 5-15%. Parfum ini bisa digunakan di tangan untuk penggunaan sehari-hari.Aromanya dapat menghilang dengan cepat, tetapi aromanya kembali ketika bersentuhan dengan kelembaban.

BACA JUGA:Tradisi Serta Budaya Unik Dari Berbagai Negara Yang Terancam Punah

4. Eau de Cologne
Jenis parfum ini memiliki konsentrasi yang sangat rendah, sekitar 2-4%. Karena itu, aromanya lebih lembut dan ringan dibanding eau de toilette. Karena konsentrasi parfum yang rendah, parfum ini  perlu disemprotkan setiap beberapa jam sekali untuk menjaga keawetannya.

5. Eau fraiche
Parfum Aufleche memiliki konsentrasi paling rendah di antara jenis parfum lainnya, sekitar 1-3%. Eau Fleche menggunakan campuran air,  berbeda dari parfum lain yang biasanya menggunakan campuran alkohol.Biasanya parfum ini digunakan untuk menghilangkan bau badan dengan cepat. Untuk aromanya dapat bertahan selama 1-2 jam.

BACA JUGA:Uang Syailendra, Mata Uang Tertua Di Indonesia

Apa itu body mist?
Selain jenis parfum di atas, ada juga jenis body mist. Body mist adalah jenis wewangian dengan aroma yang menyegarkan.  Komposisi wewangian ini umumnya air dan alkohol. Konsentrasi ekstrak di dalamnya cenderung lebih rendah dibandingkan jenis wewangian lain seperti eau de parfum dan eau de toilette, yakni hanya sekitar 2%-3%.

Namun, berbeda dengan eau de parfum atau eau de toilet, aroma body mist sangat ringan, tidak menyengat, dan tidak berat. Itu sebabnya wewangian jenis ini sangat cocok untuk penggunaan sehari-hari.  Sayangnya, karena kandungan minyak atsiri yang sedikit, aroma ini tidak bertahan lama dan hanya bertahan selama 2-3 jam saja. Jika kamu pengguna body mist, sekalipun kamu sudah berkali-kali menyemprotkan body mist ini, aromanya tetap cepat memudar. Ini karena aroma body mist yang cepat menguap dan menghilang.

BACA JUGA:Inilah Desa Tanpa Laki Laki! Penghuninya Hanya Khusus Wanita

Perbedaan body mist dan parfum
Nah, agar lebih jelas tentang perbedaan body mist dan parfum, yuk simak beberapa poin berikut!.
1. Aroma
Wewangian biasanya merupakan kombinasi minyak wangi dan zat aromatik. Body mist memiliki kandungan minyak wangi yang relatif sedikit, sehingga aromanya terasa lembut dan halus. Berbeda dengan parfum yang memiliki kandungan minyak wangi yang jauh lebih kuat.

2. Komposisi
Body mist mengandung sedikit minyak wangi tetapi terdiri dari lebih banyak air dan alkohol. Oleh karena itu, body mist memiliki aroma yang ringan dan sering digunakan pada siang hari. Parfum, di sisi lain, memiliki persentase minyak wangi yang lebih tinggi dan aroma yang lebih kuat.

BACA JUGA:Senjata Mematikan Ini Terbuat dari Batu Meteor! Ada yang Asalnya dari Indonesia Lho

3. Daya tahan
Karena kandungan air dan alkohol yang tinggi, body mist tidak bertahan lama. Di sisi lain, parfum bisa tahan lama karena kandungan ekstraksi minyak wangi dan zat aromatiknya yang lebih tinggi.

4. Keamanan untuk kulit
Sebaiknya kamu menggunakan body mist setelah mandi, karena pori-pori kulit terbuka dan body mist dapat menembus kulit dengan lebih baik. Ini juga dapat membantu menjaga kelembaban dan aroma kulit. Di sisi lain, kamu sebaiknya menggunakan parfum pada pakaian saja, karena bahan yang terkandung di dalamnya terlalu keras untuk kulit. Nah, itu dia beberapa perbedaan body mist dan parfum yang wajib kamu ketahui. Kamu bisa memilih wewangian yang cocok dengan pilihan kamu. Kira-kira kamu cocok pakai yang mana ya?(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: