Cerita Melegenda Asal Usul Jamu Kebon Agung Khas Pasuaruan Jawa Timur

Cerita Melegenda Asal Usul Jamu Kebon Agung Khas Pasuaruan Jawa Timur

Jamu Kebonagung Khas Pasuruan -Pinterest-

BENGKULUEKSPRESS.COMJamu Kebonagung merupakan salah satu minuman sehat khas Kelurahan Kebonangun, kota Pasuruan Jawa Timur. 

Jamu Kebonagung yang terbuat dari rempah-rempah pilihan yang diturunkan secara turun menurun oleh orang-orang terdahulu. 

Hal tersebut tak lepas dari letak strategis Pasuruan membuat kawasan ini dulunya terkenal sebagai pelabuhan transit serta pasar dagang antar pulau bahkan antar negara. 

Salah satu jenis komoditas yang mereka bawa adalah perdagangan rempah-rempah. 

Oleh masyarakat pada zaman Untung Suropati, rempah-rempah inilah yang dimanfaatkan warga sekitas untuk membuat Jamu Kebonagung. 

BACA JUGA:Wingko Babat Oleh-oleh Khas Semarang, Ternyata Berasal Dari Jawa Timur

Namun ada pula sejarah lain yang mengatakan munculnya Jamu Kebonagung ini memiliki cerita tersendiri yang menarik di kalangan masyarakat zaman dahulu.

cerita Legenda Jamu Kebon Agung 

Alkisah di suatu tempat di Pasuruan hiduplah seorang janda tua bernama Wironini dengan ketiga anaknya. Suaminya Wirogunan telah meninggal ketika anak ketiganya baru saja lahir. 

Dengan keadaan seperti itulah maka dia harus berjuang menghidupi diri dan ketiga anaknya. Kondisinya memaksanya untuk bekerja sebagai tukang masak di rumah saudagar kaya bernama Sutojayan. 

Sutojayan adalah seorang pedagang rempah-rempah yang sangat kaya namun sayangnya memiliki perangai yang sangat kejam terlebih dalam memperlakukan anak buahnya termasuk Wironini.

BACA JUGA:Asal Usul Sate Taichan Ternyata Bukan dari Jepang, Tapi dari Indonesia, Mau Tahu Daerahnya?

Suatu hari Sutojayan mendapat kabar dari teman lamanya yang ingin berkunjung ke rumahnya. 

Lalu dia menyuruh anak buahnya untuk menyiapkan makanan dan segala sesuatunya untuk kawan lamanya tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: