Polresta Nilai 6 TPS di Kota Bengkulu Ini Rawan, Kapolresta Bengkulu: Pemilih Rentan Diintimidasi

Polresta Nilai 6 TPS di Kota Bengkulu Ini Rawan, Kapolresta Bengkulu: Pemilih Rentan Diintimidasi

Kasi Humas Polresta Bengkulu, Iptu Endang Sudrajat-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Dari 6.210 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Provinsi Bengkulu, terdapat 6 TPS di Kota Bengkulu yang masuk dalam golongan rawan.

Dikatakan Kapolresta Bengkulu melalui Kasi Humas Polresta Bengkulu Iptu Endang Sudrajat,  enam TPS itu berada pada rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (Lapas).

Diantaranya,  2 TPS berada di Rutan Kelas IIB Bengkulu, 2 TPS di Lapas Kelas IIA Bengkulu, 1 TPS di Lapas Perempuan Kelas IIB Bengkulu, dan Lapas Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Bengkulu.

Ia juga menjelaskan, indikator dari kerawanan ini karena sangat rentan diintimidasi dari pihak luar.

Dimana dampaknya, para pemilih tidak dapat menggunakan hak suaranya dengan baik dan dengan hati nurani.

BACA JUGA:Jelang Pencoblosan, KPU Kota Bengkulu Bakar Ribuan Surat Suara

"Untuk itu, khusus untuk TPS yang masuk dalam kategori TPS rawan, akan dilakukan pengamanan secara berbeda, dengan TPS yang masuk kategori kurang rawan," ujar Iptu Endang Sudrajat, Selasa (13/2/2024).

Lanjutnya, TPS yang masuk dalam kategori rawan ini juga sangat berpotensi untuk terjadi manipulasi suara, yang kemungkinan dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab.

Oleh sebab itu, perlu adanya penjagaan dan keamanan yang ekstra agar hal-hal yang tidak diinginkan tersebut tidak terjadi saat pencoblosan berlangsung.

"TPS yang rawan nanti jumlah personilnya akan lebih banyak dibandingkan TPS yang kurang rawan," sambungnya.

BACA JUGA:KPU Kota Bengkulu Mulai Distribusikan Logistik Pemilu 13 Februari

Sementara itu, dari 6 TPS yang rawan tersebut ada 979 TPS yang tergolong tidak rawan alias kurang aman. TPS-TPS ini tersebar diseluruh kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Bengkulu. 

Iptu Endang juga menyebutkan, sedikitnya ada 500 lebih personil Polresta Bengkulu yang akan bertugas melakukan pengamanan dan menjaga pemungutan suara berjalan baik dan lancar.

"Untuk personil kita siapkan sebanyak  445 orang dan ditambah dengan 100 personel BKO dari Polda Bengkulu. Dimana untuk personel BKO Polda  Bengkulu ini dibagi jadi 4 titik yaitu di Polresta Bengkulu, wilayah Muara Bangkahulu, wilayah Ratu Samban, dan wilayah Kampung Melayu," tutup Kasi Humas Polresta Bengkulu. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: