Perbanyak Puasa di Bulan Sya'Ban, Keutamaannya Amalan Manusia Diangkat oleh Allah SWT

Perbanyak Puasa di Bulan Sya'Ban, Keutamaannya Amalan Manusia Diangkat oleh Allah SWT

Perbanyak puasa di bulan Sya'ban-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bulan Sya'ban adalah bulan yang terletak antara bulan Ramadhan dan Rajab dalam kalender Hijriyah. Bulan Sya'ban memiliki banyak keutamaan, karena Rasulullah banyak melakukan ibadah-ibadah seperti memperbanyak ibadah puasa untuk persiapan menghadapi bulan Ramadhan.

BACA JUGA:Amalkan Ini Sebelum Tidur, Syekh Ali Jaber: Pahalanya Seperti Sujud Sepanjang Malam

Pada bulan Sya'ban ini juga amalan-amalan manusia diangkat kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala. 

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu 'anhuma ia berkata, يَا رَسُولَ اللهِ، لَمْ أَرَكَ تَصُومُ شَهْرًا مِنَ الشُّهُورِ مَا تَصُومُ مِنْ شَعْبَانَ، قَالَ: ذلِكَ شَهْرٌ يَغْفُلُ النَّاسُ عَنْهُ بَيْنَ رَجَبٍ وَرَمَضَانَ، وَهُوَ شَهْرٌ تُرْفَعُ فِيهِ الْأَعْمَالُ إِلَى رَبِّ الْعَالَمِينَ، فَأَحِبُّ أَنْ يُرْفَعَ عَمَلِي وَأَنَا صَائِمٌ. 

"Ya Rasulullah! Saya tidak pernah melihat engkau berpuasa dalam satu bulan dibanding bulan-bulan lain seperti engkau berpuasa di bulan Sya'ban ?" Beliau menjawab, "Itu adalah bulan yang banyak manusia melalaikannya, terletak antara bulan Rajab dan Ramadhan. 

BACA JUGA:Obat Batuk Kering dan Berdahak pada Anak, dr Zaidul Akbar Bagika Resepnya

Dia adalah bulan amalan-amalan di angkat menuju Rabb semesta alam. Dan saya suka jika amalanku diangkat dalam keadaan saya sedang berpuasa". (HR An-Nasai no. 2357. 

Syaikh Al- Albani menghasankannya dalam Shahih Sunan An-Nasai) Maka hendaknya sebagai seorang muslim untuk berlomba- lomba memperbanyak puasa pada bulan Sya'ban dengan niat ikhlas karena Allah serta mengikuti tauldan kita Rasulullah dalam beramal. 

BACA JUGA:Agar Wafat dalam Keadaan Husnul Khotimah, Amalkan 4 Doa Berikut

Semoga Allah mudahkan kita semua untuk memperbanyak puasa di bulan Sya'ban. Allahumma amiin.

Hal itu juga disampaikan oleh Ustadz Khalid Basalamah dalam dakwahnya. Ia mengajak agar kita semua dapat memperbanyak puasa di bulan Sya'ban sebagaimana yang telah dianjurkan dan dengan amalan-amalan yang diberikan oleh Allah Swt. (tri)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: