Apt Destita Khairilisani Siap Menyuarakan Hak Perempuan

Apt Destita Khairilisani Siap Menyuarakan Hak Perempuan

Apt Destita Khairilisani Siap Menyuarakan Hak Perempuan-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Calon DPD RI Dapil Bengkulu Apt Destita Khairilisani, S.farm., M.S.M nyatakan siap bersuara lantang di senayan apabila diamanahkan menjadi calon senator periode 2024-2029 nanti.

Hal itu disampaikan perempuan kelahiran 41 tahun ini dalam forum dialog politik perempuan bersama calon legislatif dan DPD RI pada Rabu (7/2/2024) kemarin.

Dialog tersebut diinisiasi oleh Forum Komunitas Perempuan Akar Rumput (FKPAR)  yang digelar Cahaya Perempuan Women’s Crisis Center (WCC) Bengkulu.

Disampaikan Apt Destita, yang merupakan putri berdarah Seluma, rendahnya angka keterwakilan perempuan di parlemen sangat berpengaruh terhadap isu kebijakan terkait kesetaraan gender.

BACA JUGA:Warga Bengkulu Selatan Siap Menangkan Apt Destita dengan Perolehan Suara Terbanyak DPD RI

Bahkan dengan kondisi itu, belum mampu merespon masalah utama yang dihadapi oleh perempuan dan anak di Indonesia.

"Saya pribadi sangat mengapresiasi kegiatan ini, isu yang diangkat sangat baik sekali karena sebagai perempuan perlu memiliki keterwakilan perempuan di dunia politik. Seperti diketahui menurut Undang-Undang untuk perempuan itu ada kuotanya sebesar 30 persen namun kita ketahui bersama juga bahwa tidak semua kuota tersebut terpenuhi,” ujar Destita dalam forum dialog yang digelar.

Lebih lanjut perempuan berciri khas kerudung putih juga menuturkan bahwa pentingnya peningkatan partisipasi perempuan dalam mengambil keputusan politik.

Hal itu dilakukan agar pengambilan keputusan politik lebih akomodatif dan substansial. Selain itu, menguatkan demokrasi yang senantiasa memberikan gagasan terkait perundang-undangan pro perempuan dan anak di ruang publik.

BACA JUGA:Kampanye Selalu Disambut Antusias Oleh Masyarakat, Sultan B Najamudin Targetkan Raih Suara Terbanyak

"Saya sebagai salah satu calon DPD RI akan bekerja, memperjuangkan dan wujudkan apa yang menjadi aspirasi dari perempuan Provinsi Bengkulu serta mendorong keterwakilan perempuan di kursi eksekutif, legislatif  khususnya di DPD RI, karena tidak bisa dipungkiri yang mengetahui masalah perempuan secara mendetail mungkin ya memang perempuan itu sendiri, " tuturnya.

Ia juga mengajak, siapapun nantinya yang terpilih dalam pemilu 2024 ini dapat berkomitmen untuk turut serta memberikan kontribusi kemajuan perempuan dan anak, khususnya di Provinsi Bengkulu.

Tak hanya itu, perlindungan terhadap kaum perempuan dan anak dan memberikan ruang-ruang untuk perempuan dan anak berkarya juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan kedepannya.

“Caleg DPR RI, DPD RI saat ini, jika terpilih nantinya harus memiliki komitmen untuk kemajuan perempuan dalam membawa aspirasi dari perempuan Bengkulu ke pusat. Saya pribadi, pertama yang dilakukannya apabila nanti terpilih sebagai anggota DPD RI, saya akan mengadakan forum silaturahmi dan berdiskusi dengan organisasi-organisasi perempuan yang ada di Bengkulu, yang dari pertemuan itu nantinya kita akan mendengarkan dan mencatat aspirasi-aspirasi yang sedang dialami oleh organisasi-organisasi perempuan tersebut,” harap Destita Khairilisani calon DPD RI nomor urut 5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: