Doa Bahasa Jawa untuk Memulai Aktivitas di Sekolah

Doa Bahasa Jawa untuk Memulai Aktivitas di Sekolah

Sebelum mulai melaksanakan kegiatan mengajar di sekolah bisa melakukan amalan doa terlebih dahulu--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kegiatan membuka pelajaran membutuhkan keterampilan seorang guru. Sehingga pelajaran dapat berlangsung dengan aktif karena berhasil merangsang motivasi siswa untuk belajar. Pembelajaran pun dapat berlangsung efektif dan optimal sesuai harapan.

BACA JUGA:Doa Bahasa Jawa dari KH Dalhar Watucongol, Dipercaya Menjadi Penarik Rezeki!

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh guru dalam mengawali kegiatan pembelajaran ini. Semua bisa disesuaikan dengan kemampuan dan karakter materi yang diajarkan. Kemampuan membuka pelajaran ini pun memiliki kaitan erat dengan proses belajar yang tidak monoton dan bervariasi. Salah satunya adalah dengan berdoa bersama agar kegiatan pelajaran di sekolah berjalan dengan lancar. Berikut amalan doa bahasa jawa yang bisa dilakukan.


Dhuh Gusti ingkang maha kuwaos, Dzat ingkang Maha Welas, Dzat ingkang Maha Asih kanthi nyebut asma panjenengan, kula ngaturaken puji syukur sampun kaparingan kesarasan ngantos dinten menika.

BACA JUGA:Budaya di Mauritania, Wanita Cantik Itu Berbadan Gemuk dan Besar!

Ya Allah ingkang kagungan sedhaya kamulyaning jagad, Panjenengan paringi kulo lan keluarga kulo kesehatan jasmani lan kesehatan rohani, Ugi panjenengan paringi kula lan sak keluarga kula sugihing manah lan Iman dumatheng panjenengan ya Allah.

BACA JUGA:Ada-ada Saja! Inilah Kondom Paling Aneh yang Ada di Dunia

Ya Allah ya Karim, kulo sedhaya nyuwun kelancaran anggenipun nglampahi kegiatan ing dinten menika, saget paring ilmu ingkang migunani lan barokah tumrap siswa. Ya Allah ya Rab, kula sedhaya nyuwun dumatheng panjenengan pituduh ingkang leres, petunjuk supadoso kula sedhaya sageta istiqomah wonten margi ketakwaan dumatheng panjenengan.

BACA JUGA:Ini Dia Nama Makanan Indonesia Paling Unik Se-Nusantara

Ya Allah ya Rab, panjenengan limpahaken wonten manah kula raos ajrih dumatheng panjenengan, raos manah ingkang saged ndadosaken benteng saking lelampahan maksiat.Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirat hasanah, waqina adzabannar, Subhaana rabbika rabbil `izzati `amma yashifuun, wasalamun `alal mursaliina wal hamdulillahi rabbil `aalamiin. Demikian teks doa dalam bahasa jawa yang bisa digunakan semoga menginspirasi  dalam menggunakan bahasa Jawa sebagai dari usaha melestarikan budaya Jawa. Semoga bermanfaat. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: