Pemprov Bengkulu Usulkan Ratusan Formasi Calon ASN Lulusan SD

Pemprov Bengkulu Usulkan Ratusan Formasi Calon ASN Lulusan SD

ilustrasi peserta tes cpns-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu mengusulkan Calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Provinsi Bengkulu tahun 2024 ini lebih rendah dari pengusulan pada tahun 2023 lalu. 

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Gunawan Suryadi mengatakan untuk usulan tersebut sudah disampaikan secara global ke pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), sesuai dengan surat edaran yang telah disampaikan pihak kementerian.

"Jumlah usulan kisaran 500-an, baik untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) maupun PNS. Sementara itu untuk jenis jabatannya sekarang ini masih dalam pemetaan. Jadi belum bisa merinci berapa jumlah PPPK dan PNS," jelasnya, Minggu, 4 Februari 2024.

BACA JUGA:Jaksa Geledah Kantor DPMD Kaur, Cari Alat Bukti Proyek Dana APBD Tahun 2020-2021

Gunawan menyebutkan, untuk kebutuhan formasi yang diusulkan pada periode ini permasing-masing jabatan disesuaikan dengan kebutuhan, hasil dari Analisis Beban Kerja (ABK) dan Analisis Jabatan (Anjab), juga sesuai arahan KemenPAN RB yang di dalamnya meminta agar pemerintah daerah mengatur formasi bagi jabatan dengan latar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD).

"Usulan kita menuruti formasi berdasarkan ABK dan Anjab, makanya saat ini sedang kita proses untuk masing-masing jenis jabatannya dan juga formasi apa. Sebab, berdasarkan dari surat edaran ada berlatar belakang SD, sehingga kita harus melihat jenis jabatan apa yang masuk kualifikasi ini untuk bisa memberikan peluang bagi teman-teman SD," katanya.

Gunawan Suryadi juga mengatakan, menjawab jumlah usulan global yang ternyata lebih sedikit dibandingkan usulan tahun 2023 lalu yang mencapai 748 orang yang terdiri atas 631 tenaga pendidik, 109 tenaga kesehatan dan delapan tenaga teknis atau penyuluh.

BACA JUGA:Program Dapur Masuk Sekolah Kodam II/Sriwijaya di Kota Bengkulu Bantu Tangani Stunting

Sementara itu, jumlah legawai non ASN di lingkup Provinsi Bengkulu yang masih berjumlah 4.041 orang setelah dilakukan pengurangan 678 jumlah PPPK yang telah dinyatakan lulus tahun 2023.

"Data ini sesuai dri hasil pemaparan ketika hearing dengan Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu," paparnya.

Gunawan Suryadi mengatakan, jumlah itu disesuaikan dengan jumlah dari pegawai pensiun tahun 2023 dan 2024.

"Karena dari hasil pemetaan pegawai yang dilakukan, untuk tahun 2023 lalu terdapat 200-an PNS pensiun, sementara di tahun 2024 ini terdapat 300-an orang PNS yang memasuki masa purna bhakti. Di samping juga mempertimbangkan struktur APBD Provinsi tahun 2024, yang masih berada di atas 30 persen," terangnya.

BACA JUGA:OPD Pemkot Bengkulu Tandatangani Kontrak Kerja, Pj Walikota: Kinerja Jangan Menurun

Gunawan Suryadi menerangkan, untuk usulan tahun 2024 ini harus disesuaikan dengan estimasi jumlah pegawai pensiun hingga tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: