Ini Dia Bacaan Dzikir yang Bisa Diamalkan Saat Kamu Sakit

Ini Dia Bacaan Dzikir yang Bisa Diamalkan Saat Kamu Sakit

Dzikir dapat diamalkan saat seorang hamba sakit--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sakit merupakan salah satu ujian yang Allah berikan kepada hamba-Nya. Namun, sebagai seorang Muslim, kita dianjurkan untuk selalu berhusnudzon kepada Allah dan bersabar dalam menghadapinya.

BACA JUGA:Hati-hati! Zodiak Ini Dikenal Paling Berbahaya Jika Marah

Selain ikhtiar dengan berobat ke dokter, Muslim juga dianjurkan untuk memohon kesembuhan kepada Allah dengan membaca dzikir-dzikir yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW. dzikir yang dapat diamalkan saat seorang hamba sakit dengan membaca kalimat:  

 لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ  

Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzhalimin.

Artinya, “Tiada Tuhan selain Engkau, Allah. Mahasuci Engkau. Sungguh aku termasuk orang-orang yang zalim.”   

BACA JUGA:Berteman dengan Mantan Tanpa Baper? Begini Tipsnya

Selain itu, Syekh Zainuddin bin Abdul Aziz bin Zainuddin Al-Malibari dalam kitabnya Irsyadul Ibad mengutip hadits Nabi Muhammad saw. Ia bersabda:

أيُّما مسلمٍ قال في مرضِه لا إلهَ إلَّا أنت سبحانك إنِّي كنتُ من الظَّالمين أربعين مرَّةً فمات في مرضِه ذلك أُعطِي له أجرَ شهيدٍ ، وإن برئ برئ وقد غُفِرت له جميعُ ذنوبِه   
Artinya: “Siapa saja seorang muslim yang berdoa ketika sakitnya kalimat ”Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minazzhalimin” sebanyak 40 kali, lalu meninggal disebabkan sakitnya itu, maka baginya ganjaran mati sahid. Namun sekiranya dia sehat, sungguh diampuni baginya segala dosanya.” (HR Al-Hakim).

BACA JUGA:Begini Cara Move On dari Mantan Menurut Ajaran Islam dan Serta Doa-doanya

Bila seseorang yang sakit itu meninggal, dia akan memperoleh ganjaran sebagai syahid. Tetapi, jika dia sembuh, dia akan dianugerahi ampunan atas segala dosanya.  Pemberian ampunan atas dosa-dosa ini dianggap sebagai anugerah luar biasa dari Allah yang tidak terhingga. Dosa dianggap sebagai kekotoran yang merusak kehidupan seseorang, menyebabkan kekacauan dan penderitaan.

Kehidupan seorang pendosa menjadi jauh dari kedamaian dan ketenangan, dipengaruhi oleh rizki yang sulit, keengganan untuk bekerja dan beribadah. Selain itu, dosa juga menjadi penyebab seseorang melakukan perbuatan dosa lainnya dan menjauhkan diri dari Allah.


BACA JUGA:Ini Dia Alasan Seseorang Berkencan dengan Orang yang Mirip Mantannya

Dalam Kitab Irsyadul Ibad, Syekh Zainuddin Al-Malibari menyebut dzikir lain yang dapat diamalkan orang sakit, yaitu membaca surat Al-Ikhlas 100 kali. Nabi Muhammad saw bersabda:

  من قرأ سورة قل هو الله أحد في مرضه الذي يموت فيه مائة مرة ، لم يفتن في قبره . وأمن من ضغطة القبر . وحمله الملائكة يوم القيامة بأجنحتها ، حتى يجيزونه من الصراط إلى الجنة

Artinya: “Barangsiapa membaca surat “Qul huwallaahu ahad” pada sakit yang membawa kepada kematiannya, niscaya dia tidak akan menghadapi fitnah dalam kuburnya, aman dari himpitan siksa kubur dan pada hari kiamat para Malaikat akan membawanya dengan sayap-sayapnya melalui titian shiratal mustaqim sampai ke dalam surga.” (HR At-Thabarani). (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: