Trik Atasi Kulit Berminyak dan Pori-pori Rapat, Pakai Dedaunan Ini

Trik Atasi Kulit Berminyak dan Pori-pori Rapat, Pakai Dedaunan Ini

Trik Atasi Kulit Berminyak dan Pori-pori Rapat-(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memiliki kondisi kulit yang bersih setiap saat merupakan impian banyak orang. Selain terlihat mulus, kondisi kulit yang bersih akan membuat seseorang tidak mudah terkena berbagai masalah kulit.

Salah satu poin penting dalam upaya mendapatkan kulit sehat adalah dengan menjaga kebersihan pori-pori.

Pori-pori merupakan "lubang pernapasan" kulit yang berperan sebagai saluran keluarnya keringat serta sebum dari dalam kulit. 

Apabila kondisi rongga pori-pori seseorang kecil dan rapat, maka kulit umumnya akan terlihat bersih dan sehat. Sebaliknya, rongga pori-pori yang lebar, seperti yang banyak ditemukan pada orang dengan tipe kulit berminyak, justru dapat memancing masalah kulit seperti jerawat.

BACA JUGA:Resep Bikin Minuman Kolagen Pakai 3 Jenis Buah Ini, Ampuh Cegah Munculnya Garis Halus Wajah

Kemunculan jerawat di wajah terjadi akibat penyumbatan kotoran dalam pori-pori. Nah, penyumbatan ini akan memicu proses kembang biak bakteri dan kuman kotor di dalam kulit dengan cepat. Alhasil, kulit pun akan mengalami peradangan yang memicu timbulnya pembengkakan jerawat. 

Tanpa penanganan yang tepat, kondisi ini dapat merusak struktur kulit dan menyebabkan luka.

Eits, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung. 

Soalnya, kamu bisa mencoba mengandalkan manfaat yang dikandung bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif. Salah satunya seperti memanfaatkan campuran daun kari, daun ketumbar, serta madu.

Daun kari merupakan salah satu penyedap masakan yang mengandung senyawa seperti karvakrol dan eugenol. Kedua komponen ini memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba yang bisa mengurangi bakteri penyebab jerawat dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. 

BACA JUGA:Cukup Pakai Masker dari 1 Jenis Buah Ini, Bantu Hilangkan Flek Hitam Area Mata

Selain itu, kandungan antioksidan flavonoid dan polifenol di dalamnya juga efektif dalam meminimalisir potensi kerusakan kulit akibat pori-pori yang tersumbat.

Daun ketumbar memiliki kandungan seperti linalool dan cineole yang bersifat sebagai pembersih alami. Kedua senyawa ini dapat membantu membersihkan pori-pori dengan menghilangkan kotoran, minyak berlebih, dan bakteri penyebab jerawat. 

Plus, kandungan antiinflamasi dalam daun ketumbar juga bisa mengurangi peradangan pada kulit yang terjadi akibat pori-pori yang tersumbat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: