Menikmati Keindahan Pulau Peucang di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Menikmati Keindahan Pulau Peucang di Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon Banten

Keindahan Pulau Peucang-Akun Insatagram @seuhadanedi-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK) merupakan salah satu kawasan konservasi yang memiliki beragam destinasi wisata menarik. Salah satu destinasi wisata yang jadi incaran para wisatawan adalah Pulau Peucang. 

Pulau ini merupakan destinasi wisata favorit para wisatawan saat berkunjung ke kawasan TNUK. Memiliki ukurannya tidak begitu luas, pulau ini tetap menawarkan pesona alam yang begitu mengagumkan.

Pantai yang ada di Pulau Peucang memiliki pasir putih bersih juga berpasir lembut dan air laut yang berwarna biru jernih. Kawasan pantai ini juga dikelilingi rimbunnya hutan tropis yang terjaga dan masih sangat alami.

Pulau Peucang berada di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Asal usul nama Pulau Peucang diambil dari hewan sejenis siput yang banyak di temui di pulau ini. Namun versi lainnya ada yang menyebutkan, Peucang merupakan istilah bahasa Sunda untuk hewan sejenis kancil.

BACA JUGA:Berkunjung ke Hutan Mangrove Klawalu, Destinasi Wisata Manggrove Pertama di Papua

Tahukah kamu? Pulau Peucang memiliki lahan seluas 450 hektar yang terbagi dalam hutan dan wilayah pantai. Hutan di sini masih berbentuk hutan primer, artinya hutan di pulau ini masih alami.

Jika kamu berkunjung ke pulau ini kamu akan melihat langsung lebih dekat fauna asli TNUK di Pulau Peucang. Hewan-hewan seperti rusa, kera, hingga babi hutan sangat mudah terlihat oleh wisatawan di pulau ini. 


Keindahan Pulau Peucang-Akun Insatagram @eksplorebanten-

Selain pantai, ada beberapa spot menarik yang ada di pulau ini seperti Karang Copong yang akan menyambut sore mu dengan panorama matahari tenggelamnya yang indah. Nah, untuk menuju ke Karang Copong, kamuakan merasakan rasanya menerobos hutan dengan jarak tempuh 3 km dan memakan waktu mencapai 45 menit.

Sebaiknya untuk ke sini ditemani dengan polisi hutan yang selalu berjaga di Pulau Peucang, hal tersebut untuk menjaga wisatawan agar tidak tersesat dan terhindar dari ancaman binatang liar.

BACA JUGA:Goa Gong, Keindahan Goa Yang Menyuguhkan Bebatuan Stalaktit dan Stalagmit di Pacitan, Jawa Timur

Saat berada di dalam hutan Pulau Peucang, kamu akan ditemani pepohonan tinggi dan rimbun. Hutan di kawasan ini terkenal dengan akar pohonnya yang besar dan sudah berumur ratusan tahun, membuat perjalanan ke Karang Copong menjadi berkesan.

Pada bagian ujung jalan, hutan cahaya matahari yang masuk dengan bebas menjadi akhir perjalanan menuju Karang Copong. Perpaduan warna kuning dan merah menghasilkan warna jingga yang menjadi lanskap indah untuk disaksikan.

Penamaan Karang Copong sendiri merupakan nama karang yang berlubang di bagian tengahnya. untuk melihat karang ini pengunjung harus jalan mendaki sebelum tiba di karang berlubang tersebut. Bagaimana menurutmu, Pulau Peucang bisa kamu jadikan refrensi wisata pilihan saat berkunjung ke kawasan TNUK.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: