Mengenal Artificial Intelligence (AI), Pengertian, Manfaat Serta Contoh Penggunaan AI

Mengenal Artificial Intelligence (AI), Pengertian, Manfaat Serta Contoh Penggunaan AI

Artificial Intelligence (AI)-freepik.com-

BENGKULUESKPRESS.COM - Bicara mengenai kemajuan teknologi rasanya tak lengkap jika kita tidak mengikuti perkembangan yang ada. Belakangan ini banyak sekali kecanggihan mengenai teknologi mukhtahir yang sering muncul dan menjadi perbincangan orang banyak. 

Apalagi kalau Artificial Intelligence (AI), pasti kamu tentunya sudah pernah mendengar apa itu Artificial Intelligence (AI). Salah satu bukti kecanggihan teknologi yang bisa menghadirkan kemudahan untuk melakukan berbagai hal.

Kecanggihan AI memang tidak perlu diragukan lagi karena segala kemudahan teknologi yang kita rasakan saat ini adalah berkat dari kecanggihan AI. 

BACA JUGA:Ternyata Cukup Sederhana, Perbaiki Charger HP yang Rusak Hanya dengan Minyak Kayu Putih

Ada banyak sekali dampak dan pengaruh dari penggunaan AI. Nah, untuk itu kamu perlu mengetahui sebenarnya apasih fumngsi dan kegunaan AI dalam kehidupan sehari-hari. Yuk, simak ulasan berikut ini. 

  • Pengertian Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence (AI) adalah Kecerdasan buatan. Teknologi ini merupakan sejenis teknologi di bidang ilmu komputer yang dirancang memiliki kemampuan khusus untuk memecahkan berbagai permasalahan. 

Berkat kehadirannya, teknologi yang satu ini  disebut-sebut mampu menyaingi kemampuan kognitif manusia, Keren sekali ya ternyata. Hal ini dikarenakan teknologi AI sendiri dirancang untuk mampu membantu beragam pekerjaan manusia dari yang mudah sampai yang rumit sekalipun. 

BACA JUGA:Simpel, Begini Tips Dan Trik Cara Rekam Layar Di iPhone yang Mudah

Tapi kok bisa ya AI bisa menyaingi kemampuan manusia padahal manusia lah yang menciptakannya. Tahukah kamu siapa yang menciptakan AI ? John McCarthy adalah salah satu ilmuwan yang menciptakan istilah “Artificial Intelligence” dan memainkan peran penting dalam perkembangan awal AI.

Konferensi Dartmouth tahun 1956 adalah salah satu momen penting dalam sejarah AI, di mana istilah “kecerdasan buatan” pertama kali digunakan secara resmi.

  • Contoh Penggunaan Artificial Intelligence (AI)

Salah satu contoh penggunaan AI yang sering di gunakan adalah Generative Pre-trained Transformer (ChatGPT). Mungkin kamu masih asing dengan istilah ChatGPT, tapi tanpa disadari kamu selalu menggunakan teknologi ini dalam kehidupan sehari hari.

BACA JUGA:Test Keamanan, Apple Rekrut Tim Hacker Untuk Bobol iPhone Mereka Sendiri

Contohnya seperti, apakah kamu pernah mengirimkan pesan melalui WhatsApp, ketika kamu mengirimkan pesan seketika pesanmu dijawab secara otomatis dari pihak yang kamu kirimkan pesan tadi. Nah pesan inilah yang disebut dengan ChatGPT atau bisa kamu sebut dengan Chat Bot. 

  • Manfaat Artificial Intelligence (AI)

Kehadiran AI mampu menopang berbagai bentuk pekerjaan manusia seperti pencarian informasi jauh lebih cepat, brainstorming ide, maupun membantu mencari referensi tugas akademik. Jadi, mungkin jika tidak ada AI mungkin kita akan sulit untuk melakuakn berbagai aktivitas terlebih yang menggunakan teknologi sebagai medianya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: