Bukit Kapur Arosbaya, Destinasi Wisata Unik di Pulau Madura

Bukit Kapur Arosbaya, Destinasi Wisata Unik di Pulau Madura

Keindahan Bukit Kapur Arosbaya-Akun Instagram @eksploremadura-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang menawarkan destinasi wisata unik. Salah satu wisata uniknya yaitu Bukit Kapur Arosbaya.

Bukit yang berada di Pulau Madura ini sebenarnya adalah komplek pertambangan batu kapur yang berada di Kecamatan Arosbaya. Seiring Berjalannya waktu, pertambangan rakyat yang sudah berjalan sejak tahun 1995 ini akhirnya berubah menjadi kawasan wisata bukit kapur Arosbaya yang sangat indah. 

Semakin ke sini penambangan batu kapur di Arosbayapun semakin luas. Hingga kini luas obyek wisata bukit kapur Arosbaya sudah mencapai 2 hektar. Karena wisata bukit kapur Arosbaya ini berupa gua dan lorong-lorong, apabila hendak mengunjunginya kamu sebaiknya dibantu oleh seorang guide lokal.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Destinasi Wisata Terpopuler di Bengkulu Yang Wajib dikunjungi Saat Libur Panjang dan Tahun Baru

Nah, untuk lokasinya destinasi wisata bukit kapur Arosbaya berada di Desa Berbelluk Kecamatan  Arosbaya, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Untuk menuju ke Gua Arosbaya dari arah Surabaya, setelah Jembatan Suramadu, arahkan kendaraan ke arah Bangkalan.

Dari Bangkalan masih dilanjutkan menuju arah Kecamatan Arosbaya. Setelah melewati Kecamatan Arosbaya, selanjutnya carilah arah menuju ke Pemakaman Air Mata.

Ketika sudah sampai ke Pamakaman Air Mata, kondisi jalan beraspal. Tetapi setelah melewati pemakaman menuju ke Bukit Pelalangan Arosbaya, kamu akan melewati jalan sangat sempit hanya cukup untuk 1 mobil saja. Setiap ada persimpangan atau belokan sebaiknya membunyikan klakson.


Keindahan Bukit Kapur Arosbaya-Akun Instagram @maduraholic-

Begitu memasuki kawasan penambangan kapur, para pengunjung akan diajak berjalan masuk ke dalam  lorong diapit bukit kapur.  Kondisi jalan dan sekeliling gua Arosbaya ini seolah berada di zaman batu atau zaman Flinstone.

Semakin masuk ke dalam memasuki ke dalam rongga atau goa bukit, suasana zaman gothic semakin sangat terasa. Penggalian bukit pasir ini seolah sedang merancang dan  membangun candi yang berada di dalam tanah. Interior ruang yang tinggi dan luas, dengan warna dan kesan yang gelap memberikan sensasi tersendiri kepada pengunjung.

BACA JUGA:Berkunjung ke Air Terjun Jumog Jawa Tengah

Hal yang menjadi daya tarik bukit kapur ini, kamu bisa mendapatkan yang namanya Ray Of Light (ROL) atau bisa dibilang pancaran sinar matahari yang menyorot celah-celah tebing atau bebatuan. Untuk mendapatkan moment ROL yang indah, para pengunjung sebaiknya datang ke destinasi wisata ini tepat pada pukul 09.00 Wib.

Ketika sinar matahari jatuh miring masuk ke dalam bukit kapur Arosbaya kamu akan terpana menyaksikan cahaya yang masuk yang menambah kesan suasana yang dramatis saat berada di dalamnya. 


Keindahan Bukit Kapur Arosbaya-Akun Instagram @eksploremadura-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: