Takut Mabuk Saat Perjalanan Jauh Libur Natal dan Tahun Baru? Begini Cara Mengatasinya

Takut Mabuk Saat Perjalanan Jauh Libur Natal dan Tahun Baru? Begini Cara Mengatasinya

Ilustrasi-freepik.com-

Berada di dalam kendaraan yang tertutup, dalam waktu yang lama, seperti saat naik mobil, terkadang membuat Anda merasa pengap, pusing, dan mual. Saat mulai merasa pengap, hiruplah udara segar dengan membuka jendela. Ini merupakan tips agar tidak mabuk perjalanan yang sering dilakukan.

Jika kondisi tidak memungkinkan untuk membuka jendela, arahkan AC ke diri Anda guna menciptakan sirkulasi udara yang lebih baik.

4. Penuhi asupan cairan

Memastikan asupan tubuh terpenuhi adalah tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa Anda lakukan. Dengan memenuhi asupan cairan, Anda dapat terhindar dari dehidrasi yang menyebabkan kepala terasa pusing dan mual.

Oleh karena itu, pastikan untuk membawa air secukupnya saat Anda hendak berpergian. Selain air putih, jus dan susu dapat menjadi pilihan minuman yang aman dikonsumsi selama di perjalanan.

Sementara itu, kopi dan minuman bersoda justru dapat memicu dehidrasi dan menyebabkan Anda mengalami mabuk perjalanan.


Ilustrasi-freepik.com-

5. Hirup minyak kayu putih

Tips agar tidak mabuk perjalanan yang berikutnya adalah dengan menghirup minyak kayu putih. Aroma dari minyak kayu terbukti ampuh dalam meredakan mual. Meski demikian, jangan menghirup minyak ini lebih dari 1 jam karena justru memicu rasa mual.

BACA JUGA:Gak Kalah Modis, Ini Dia Model Tunik untuk Orang Gemuk

6. Kurangi penggunaan gawai

Menggunakan gawai adalah salah satu kegiatan yang kerap dilakukan untuk mengatasi rasa bosan di perjalanan. Nyatanya, penggunaan gawai secara terus menerus justru memicu mabuk perjalanan. Hal ini terjadi karena ketidaksesuaian sinyal yang diterima mata dan telinga, sehingga menimbulkan gejala mabuk perjalanan.

Jadi, mengurangi penggunaan gawai di perjalanan adalah salah satu tips agar tidak mabuk perjalanan yang bisa Anda terapkan.

7. Hindari makanan yang memicu asam lambung

Hindari mengonsumsi makanan pedas, berminyak, dan asam sebelum maupun selama di perjalanan. Pasalnya, makanan-makanan tersebut dapat memicu naiknya asam lambung. Kondisi tersebut menyebabkan mual dan muntah dan memperparah keluhan mabuk perjalanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: