Warna Kulit Wajah Tidak Merata? Coba Lakukan Cara Berikut

Warna Kulit Wajah Tidak Merata? Coba Lakukan Cara Berikut

warna Kulit merata--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu penyebab wajah terlihat kusam dan tidak menarik adalah warna kulit yang tidak merata. Hal ini dapat mengganggu penampilan secara keseluruhan. 

Meski warna kulit setiap orang akan berbeda-beda, tetapi meratakan warna kulit adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Secara umum, penyebab warna kulit yang tidak merata adalah akibat paparan sinar matahari. 

Intensitas sinar matahari yang berlebihan bisa menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi atau kondisi ketika tubuh memproduksi melanin melebihi batas normal. Kondisi ini membuat timbulnya bercak-bercak gelap pada kulit. 

BACA JUGA:Dikenal Sebagai Tanaman Obat, Ternyata Tanaman Ini Berkhasiat Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Namun, kulit yang tidak merata juga dapat disebabkan faktor lainnya, seperti bekas jerawat, bintik penuaan, atau perubahan hormon. Melansir dari beberapa situs, inilah cara untuk meratakan warna kulit dengan mudah.

1. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Menggunakan sunscreen sudah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi setiap hari. Apalagi dalam menjaga warna dan tekstur kulit secara maksimal. Matahari bisa menyebabkan hiperpigmentasi dengan adanya pelepasan melanin dan kerusakan akibat radikal bebas. 

Penggunaan sunscreen dapat bermanfaat untuk melindungi warna kulit agar tetap merata. Oleskan sunscreen yang mengandung SPF di atas 30 setiap harinya supaya kulit pun bebas dari masalah. Kamu juga dapat menggunakan sunscreen yang mengandung zinc oxide atau titanium oxide untuk perlindungan yang lebih optimal. 

2. Menggunakan Produk Eksfoliasi

Melakukan eksfoliasi dapat membantu membebaskan sel kulit mati sehingga lapisan kulit tampak lebih segar, halus, dan bercahaya. Proses eksfoliasi secara teratur dapat membantu dalam meratakan warna kulit. Saat melakukannya, hindari untuk pemakaian produk terlalu sering supaya tidak menimbulkan iritasi. 

Tekstur kulit yang tidak mulus karena pori-pori besar dapat menghalangi pengaplikasian produk. Eksfoliasi dapat membantu kulit agar bisa menerima bahan-bahan skincare agar menyerap secara lebih maksimal, seperti vitamin yang dapat membantu untuk mencerahkan atau antioksidan yang berperan melindungi kulit. Dengan begitu, warna kulit pun bisa lebih terjaga dan merata. 

3. Gunakan Vitamin C

Vitamin C bisa menjadi bahan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan kuat ini dapat mencegah hiperpigmentasi dan mencegah penuaan. Diketahui dari situs ipsy, vitamin C secara tidak langsung dapat menghambat enzim tirosinase yang sangat penting dalam proses sintesis melanin di kulit.

BACA JUGA:Ternyata Daun Binahong Bagus Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Berikut Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: