Ini Dia Ciri-ciri Ambeien dan Cara Mengobatinya

Ini Dia Ciri-ciri Ambeien dan Cara Mengobatinya

Ambeien merupakan kondisi di mana pembuluh darah meradang atau bengkak di sekitar anus.--

BACA JUGA:Indahnya Pantai Tangsi, Pantai Berwarna Merah Muda di Taman Nasional Komodo NTT

2. Minyak mineral dan esensial
Ada berbagai macam minyak mineral dan minyak esensial yang dapat digunakan sebagai obat alami untuk ambeien. Beberapa contohnya adalah minyak atsiri yang mengandung minyak kelapa, minyak vitamin E, petrolatum, dan chamomile, ekstrak  almond, dan minyak ikan.

Jenis  minyak ini bekerja dengan mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan oleh ambeien. Selain itu, minyak ini juga berperan sebagai pelembab untuk meredakan rasa gatal dan perih akibat peradangan pada kulit di bagian anus.

3. Berendam air hangat
Merendam daerah anus ke dalam air hangat dapat meredakan berbagai ketidaknyamanan, seperti gatal, iritasi, dan nyeri pada anus akibat ambeien. Hal Ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan.Kamu cukup duduk di bak mandi berisi air hangat dan berendam selama 20 menit. Kemudian keringkan anus dengan lembut menggunakan handuk bersih. Lakukan ini  2-3 kali sehari.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Minuman Lezat dan Segar Saat Berkunjung ke Kota Solo

4. Kompres es batu
Cara lain yang  efektif untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat ambeien adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Hal ini juga sangat mudah diterapkan.

Pertama-tama, bungkus es batu dengan kain bersih, lalu kompres daerah anus yang nyeri selama 15 menit. Dengan cara ini, nyeri ringan karena ambeien dapat tersingkirkan. Meski obat ambeien alami dianggap aman, tapi hanya sedikit penelitian yang mampu menentukan efek samping dan khasiat penggunaan obat ambeien alami.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kedai Es Krim Terenak di Jogja Terbaru

Nah, selain  beberapa pengobatan alami di atas, ambeien juga dapat diatasi dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti makan makanan berserat tinggi dan olahraga  teratur. Jika gejala ciri ciri ambeien mulai membuatmu merasa tidak nyaman, segera konsultasi dengan dokter yaa!(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: