Dibanding Agya, Ini Empat Kelebihan Mobil Bekas Toyota Etios Valco

Dibanding Agya, Ini Empat Kelebihan Mobil Bekas Toyota Etios Valco

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebetulnya Toyota Etios kelasnya dibawah Toyota Yaris. Namun, saat menentukan membeli mobil bekas, dengan harga Rp 70Jutaan, harga Toyota Etios Valco 2013, mirip-mirip dengan harga Toyota Agya bekas varian 1.000 cc tipe TRD S tahun 2014, Toyota Etios lebih layak diperhitungkan. 

Jika dibandingkan dengan Agya, ada empat kelebihan Toyota Etios Valco. Mesin 1.200 cc harga sekelas LCGC. Masuk di segmen compact car 1.200 cc. Sayangnya, PT Toyota Astra Motor (TAM) tidak lagi menjual Etios Valco di tahun 2017 gara-gara sepi peminat.

Toyota Etios bukanlah sebuah mobil LCGC, lantas dengan bujet Rp 80 jutaan apakah Etios Valco bekas bisa lebih unggul dengan Agya bekas? 

1. Teknologi Mesin 

BACA JUGA:Mobil Bekas Daihatsu Sigra 2017 Tipe D, Sudah Murah Banget

BACA JUGA:Mobil Bekas Mitsubishi Xpander 2017, Mobil Irit Dibanderol Cuma Rp 100 Jutaan

Pertama kita bahas soal dapur pacunya dulu, Toyota Etios mengandalkan mesin 3NR-FE 1.200 cc 4-silinder tanpa adanya teknologi canggih seperti katup variabel atau VVT-i.

Torsi puncak 104 Nm sudah tercapai di putaran 3.100 rpm. Sementara tenaga 79 dk tersedia di putaran 5.600 rpm. Etios hanya menggunakan transmisi manual 5 speed. 

Padahal di mesin 1KR 1.000 cc Agya walaupun hanya 3-silinder, tapi sudah memiliki teknologi VVT-i (Variable Valve Timing with Intelligence). 

Tentu saja kelemahan mesin 3-silinder seperti di Agya bermesin 1.000 cc ini adalah getaran mesin yang lebih terasa. 

2. Desain eksterior dan interior 

Soal desain Toyota Etios Valco mencoba untuk tampil lebih sporty dibanding Toyota Agya di tahun yang sama.   

Mulai dari wajahnya, desain bumper yang sporty dengan headlamp segilama meruncing dan gril yang melengkung ke bawah. 

Interiornya didominasi oleh warna hitam, desain dasbornya tidak bisa dibilang mewah, begitupun dengan material dasbornya, wajar saja karena ini sebagai small hatchback termurahnya Toyota.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: