Ini Beberapa Pilihan Masker untuk Mengatasi Komedo, Salah Satunya Masker Arang

Ini Beberapa Pilihan Masker untuk Mengatasi Komedo, Salah Satunya Masker Arang

Ada beberapa pilihan masker untuk komedo yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Masker-masker ini terbuat dari bahan alami -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

1. Mencuci wajah secara rutin

Membiasakan diri untuk mencuci muka secara teratur yaitu saat bangun tidur dan sebelum tidur mampu mengurangi penumpukan minyak di wajah. Artinya, kebiasaan ini dapat membantu mencegah komedo muncul.

2. Mencuci rambut secara rutin

Bagi Anda yang memiliki kulit kepala berminyak, kebiasaan mencuci rambut setiap hari juga dapat menjadi cara untuk mencegah komedo. Hal ini karena minyak pada kulit kepala dan rambut juga bisa meningkatkan kadar minyak pada wajah dan menyebabkan pori-pori tersumbat.

3. Menggunakan produk non-comedogenic

Dalam memilih produk kecantikan seperti make-up, losion, dan tabir surya, pilih produk yang berlabel non-comedogenic dan hindari produk yang mengandung minyak. Produk kecantikan yang mengandung minyak dapat memicu pembentukan komedo baru.

4. Melakukan scrubbing secara rutin

Cara lain yang tak kalah penting untuk mencegah pembentukan komedo di wajah adalah dengan melakukan scrubbing wajah secara rutin, misalnya 2 kali seminggu. Dengan melakukan scrubbing secara rutin, sel-sel kulit mati di wajah bisa terangkat, sehingga mengurangi penyumbatan pori dan pembentukan komedo.

Namun, jangan terlalu sering melakukan scrubbing karena bisa menimbulkan iritasi dan luka-luka kecil di wajah. Untuk menenangkan kulit setelah scrubbing, jangan lupa oleskan pelembap pada wajah.

Pilihan masker untuk komedo ada bermacam-macam. Walaupun terbuat dari bahan yang alami, Anda tetap harus berhati-hati karena ini tidak menutup kemungkinan terjadinya iritasi dan alergi pada kulit.

Jika Anda sudah menggunakan masker tersebut secara rutin namun masalah komedo belum juga teratasi, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat oles yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, dan resorsinol.

Selain obat oles, dokter juga bisa menyarankan perawatan kulit seperti mikrodermabrasi, peeling wajah atau terapi laser juga untuk mengatasi komedo membandel di wajah. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: