Touch Bar Pada MacBook Pro Apple Teranyar Dihilangkan, Apa Penyebabnya?

Touch Bar Pada MacBook Pro Apple Teranyar Dihilangkan, Apa Penyebabnya?

Touch Bar Pada MacBook Pro Apple Teranyar Dihilangkan, Apa Penyebabnya?-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

2. Biaya dan Kompleksitas

Alasan lain mengapa Apple mungkin telah meninggalkan Touch Bar adalah karena hal tersebut menambah biaya dan kerumitan yang tidak perlu pada desain Macbook Pro. 

Touch Bar membutuhkan chip T2 terpisah untuk menyalakannya, yang meningkatkan harga dan mengurangi masa pakai baterai Macbook Pro. 

Touch Bar juga meningkatkan risiko kegagalan dan perbaikan perangkat keras, karena lebih rapuh dan sensitif daripada tombol biasa.

Selain itu, mengganti Touch Bar yang rusak bisa menghabiskan biaya yang cukup mahal. Hal ini karena Touch Bar terintegrasi dengan keyboard dan logic board.

Dengan menghilangkan Touch Bar, Apple dapat menyederhanakan desain Macbook Pro dan menurunkan biaya produksi. 

BACA JUGA:Akan Usung Bingkai Titanium, Galaxy S24 Ultra Bakal Mirip iPhone 15

Hal ini juga dapat memungkinkan Apple menawarkan lebih banyak fitur dan peningkatan kinerja, seperti layar beresolusi lebih tinggi, prosesor yang lebih cepat, lebih banyak port, dan masa pakai baterai yang lebih lama.

3. Tren Pasar

Alasan selanjutnya mengapa Apple telah menghapus Touch Bar adalah karena tidak sesuai dengan tren pasar dan preferensi konsumen. 

Touch Bar seharusnya menjadi nilai jual yang unik untuk Macbook Pro, tetapi gagal menarik cukup banyak pelanggan atau membedakannya dari laptop lain. 

Faktanya, banyak pesaing perangkat ini yang menawarkan fitur serupa atau lebih baik, seperti layar sentuh, keyboard yang dapat dilepas, pena stylus, dan trackpad.

Selain itu, Touch Bar tidak cocok dengan ekosistem dan strategi Apple sendiri. Apple telah berfokus untuk meningkatkan lini iPad sebagai perangkat produktivitas, dengan fitur-fitur seperti iPadOS, Apple Pencil, Magic Keyboard, dan Sidecar. 

Fitur-fitur ini membuat iPad menjadi lebih serbaguna dan kuat dari sebelumnya, sekaligus membuat Touch Bar menjadi mubazir dan usang. 

Apple mungkin telah menyadari bahwa alih-alih berinvestasi pada Touch Bar, Apple dapat berfokus pada peningkatan integrasi dan kompatibilitas iPad dan Mac. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: